Langsung ke konten utama

Gass pol touring to Curug Cibeureum

Hay Gaesss..

Baru aja ya kemarin hari minggu di akhir bulan Maret gue mengujungi salah satu wahana yang terkenal di daerah Bandung yang wahananya bikin lumayan bikin tegang , dan diawal bulan gue mengunjungi tempat gue kerja uhhh hoamsss melakukan tugas wajib diawal bulan keluar kota di derah Serang  ,nah di akhir minggu bulan pertama jalan lagi ,yaps tanggal merah kemarin 3 April 2015 kita-kita berkenala lagi kesalah satu taman Nasional didaerah Cibodas. Gilak yaaa gue satu minggu full jalan-jalan mele Bandung , Serang dan Cibodas . Jangan tanyadeh “Badan gue apakabar?” “Wiuh , gurih lahh pokoknya”.

Padalah ya ,cerita sedikit nih beberapa hari sebelum ke Bandung gue itu lagi jatuh sakit gara-gara kecapean dan telat makan udah gitu kalo makan suka asal ,jadinya demam , maag dan amandel gue infeksi gitu . Tapi badan sih sehat ,cuma gitu ya lemes kaya orang sakit beneran haha. Gue sih kalo sakit gitu gakpernah diambil pusing ya , sakit ya udah sakit aja ,tapi gue selalu usahain supaya bisa tetep kerja dan kuliah . Tapi memang udah biasa banget ya tiap mau kemana-mana pasti ada ada ajakejadiannya , masyalloh deh . Flashback dikit pas traveling gue ke Tegal beberapa bulan yang lalu , baca deh postingannya ada di bawah hehe , iya malem sebelum berangkat ke Tegal pas mau tarik uang di atm tbtb kartu atmnya ketelen , kan gilak ,eh pas di sana ngilangin STNK orang hadeehh makin gilakk Terus pas ke Sukabumi beberapa bulan yang lalu juga gitu tbtb beberapa hari sebelum hari H nya jatuh sakit , uhhh mau bilang apa lagih tapi tetep jalan ,lanjut pas ke Jogja fine-fine aja badan fit seger buger dan antusias banget ehh pas nyampe di Jogja meriang gak karu-karuan , hadehhhh.. Masih banyak deh kejadian yang ajaib lainnya yang gue alami , but itu seru jadi moment unforgettable biar beda sama orang-orang haha. Naah kali ini gak jauh beda sama yang udah-udah , yaps jatuh sakit.

2Hari sebelum hari H gue dapet kabar bahwa akan touring ke Cibodas ke Curug Cibeureum yang terletak di Taman Nasional Gunung Gede Pangrangl WestJava , pas gue searching di mbah gugel ternyata Curugnya oke punya lah , tadinya masih ragu untuk jalan abisnya kan baru mendingan lah dari sakit tapi akhirnya gue ikut juga haha kapan lagi touring abis itu mendaki kan gue pengen banget tuh naik gunung nah ini kenalan dulu sama situasi mendakinya , abisan suka mupeng gak jelas gitu gue kalo liat ada orang poto diatas gunung di keliligin kabut awan ,aaaaahhh elah effect keseringan nonton 5cm nih haha.

Okelah malemnya sebelum hari jumat ,yaps kamis nya gue masih ngantor seperti biasanya , dan seharusnya malam itupun kuliah seperti biasanya (padahal hari itu ada tugas tau dan harus dikumpulin hari itu juga seperti mahasiswa lainnya lah nitip absen dan nitip tugas udah jadi tadisi kwkw) . Hari kamis pas pulang kerja langsung deh capcus ngacir pulang dan packing-packing untuk bawa barang-barang yang akan di bawa . Setelah selesai packing tas gue gendut amat ya ,belum lagi harus bawa jas ujan buat persiapan kalo ujan pas lagi mendaki , semoga sih enga ya , Jakarta panas soalnya mudah-mudahan aja di sana alamnya bersahabat.

Jadwalnya jam 7malamnya kumpul semua langsung jalan dansengaret-ngaretnya akhirnya jam 9an baru jalan (udah biasa)..

Oh iya gue hampir aja lupa kenalin mereka ke kalian , ini temen-temen baru gue yang berasal dari forum Besek Holic hehe yang kapan hari gue udah posting tentang Wisma Tuna Ganda kekalian semua , hayo yang belum baca ,baca dulu gih postingnya ada di bawah sini nihhh.. haha

Gue jalan sama mereka , Ana , Ema , Dicky , Erik , Wahyu ,Renal , Kadafi , Aris ,Danang dan Ryan . Haha ciwi-ciwinya yang jalan cuma kita doang bertiga ,yang lain lagi ada halangan . Jalan lah kita ber-11 orang masing-masing 2 orang 1 motor yang 1 sendiri .

Menembus jalan Panjang yang ada didaerah Jakarta Barat yang puanjangnya ampe ke ujung-ujung gak ada belokannya , dan rasanya bagian pinggang gue kebawah sampe telapak kaki itu udah mulai merasakan  pegel dan kaku-kaku gimana gituh ..Malam itu sekitar pukul 11 kita udah ada di ujungnya Jakarta nih edisi pengabisan , entah itu Bogor atau Puncak gue lupa yang jelas kaki gue dan badan gue udah mulai mengigil,brrrr~

Kita berenti sejenak di salah satu mini market di pertigaan jalan raya yang masih banyak banget kendaraan yang lalu-lalanglewat , tapi gak tau ini dimana gue cek handphone liat lokasi pun gak sempet karena mata gue udah tertuju pada roti yang ada di dalem mini market itu. Hadeh laperr~ Ini malem gak ada diet-dietan yaaa ,hajarr aja apa yang ada didepan mata anggep aja lagi saur. Wkwkww

Kita membebaskan tenggorokan dari kekeringan dan perut dari keroncongan dengan makanan ringan asal mini marketpertigaan . Kira-kira perjalanan kita bakalan ngabisin waktu 3 sampai 4 jaman gitu.



Jalan lagi menyelusuri sejauh mata memandang.. Ngantuk cuy  ,badan gue udah mulai pegel nih duduk mulu padahal tadi udah istirahat pengen cepet-cepet ketemu kasur dah ..

Oke persingkat ya perjalanannya biar cepet..

Kita memasuki daerah Puncak yang semakin malam semakinmenjadi (dinginnya). Dan sama seperti komunitas yang lainnya ketika touring masing-masing dari mereka memiliki kode sendiri-sendiri. Kalo kita kaya gini nih kode selamaperjalanannya.

1. Kode kalo kaki kiri si pengemudi turun ke bawah artinya ada lobang di sebelah kiri.

2. Kode kalo kaki sebelah kanan yaa ada lobangnya disebalah kanan haha.

3. Kode kalo kakinya turun dua-duanya mungkin si pengemudi maupun si penumpangnya kakinya pegel ,bisa jadiiiiiii haha.

4. Kode kalo tangannya turun ke bawah dengan jari di lebarin dan di hentakin pelan-pelan artinya kode untuk pengemudi dibelakang kita disuruh hati-hati.

5. Kode kalo tangannya turun ke bawah dan diem aja artinya di suruh diem (hah?apaan???)

6. Kode kalo tangannya mengarah ke kanan atau kiri artinya kasih kode untuk menepi.

7. Kode kalo tangan si penumpang kasih tanda jempol artinya si pengemudi dibelakang kita di izinkan untuk jalan duluan atau didepan kita.

8. Kode kalo tangannya melambai ke atas artinya nyerah dadah-dadah deh ke kamera wkkwkw

 

Nah itu dy kode perjalanan kita dan kita ngelakuin ini sepanjang perjalanan loh..

Sampai juga di Masjid At-Awun ini tempat wajib banget didatengin kalo ke Puncak , gue sama Aris dan Erik sempet ke pisah sama anak-anak yang lain karena miss communicationakhirnya karena cuaca makin mendukung ada baiknya beli yang anget-anget . Nyobain soto dan bakso buatan si Bapak itu yang lumayan enak dan ngeyangin , ini adalah warung pertama yang gue samperin yang tepatnya berada di paling pojok sebelum tikungan parkiran atas di area Masjid , harga 1 mangkok soto dan bakso masing-masing 15k gak jauh beda sama di Jekate (plis bukan 48) air mineral 5k. Soto dipesen dan beberapa menit kemudian datang dengan asep-asep yang nyegerin gitu yang ada didalem mangkoknya, aduh Puncak udah anget nih rasa jam 2pagi~

Kita makan dan anak-anak yang lainpun sama makan juga tapi ditempat yang berbeda , ohiya kasih infonih anak-anak yang lain itu lagi di atas di Rindu Alam , gak tau pada ngapain padahal setau gue Rindu Alam itu emang keren pemandangannya tapi kalo siang ya , kalo malem yaa gelap-gelap juga apa yang diliat , embuhlah (bahasa jawa artinya gaktaulah) mungkin mereka pengen ngetes kali di Rindu Alam dinginnya sama atau enga kwkw.

Setelah bertemu dititik kumpul yaitu tepat banget didepan Masjid yang ada warung-warung pinggir jalan itu kita menghabiskan waktu pagi itu disana setelah selesai baru kita turun lagi buat ke rumah Aris untuk istirahat.

Ketemu waktu subuh kitapun melaksanakan sholat berjamaah ..Yang selesai sholat ngelanjutin tidur lagi ada , yang main hape ada , yang main ps pun ada, ada-ada ajalah..


Kita mau bergegas naik ke atas

Ada sedikit perubahan jadwal sampai akhirnya jam 10 kita baru naik ke atas untuk otw ke cibodas . Jalanan hari itu padat sampe dibikin jalur one way emangsih namanya juga hari libur gini puncak di padatin sama kendaraan berplat B. Gak heran.

Jam 11 siang kita udah sampai di cibodas , break istirahat dan yang cowo-cowo melaksanakan sholat jumat yang ciwi-ciwi duduk kalem aja di dalem warung.

Mereka bukannya lagi istirahat tapi lagi autis nyari signal buat checkin ke Path atau yang lebih horornya lagi pada nyerang atau naekin TH kwkw

Singkat cerita mereka selesai melaksanakan kewajibannya kita langsung naik ke atas , parkir motor titipin helm.

Kita antusias banget buat naik ke atas ,tapi alam berkata lain.Tiba-tiba ujan deres banget yang maksa kita untuk neduh dulu di warung-warung. Karena kilatnya serem-serem banget gak mungkin kita jalan , kita nunggu kurang lebih 30menitan sampai ujannya deres aja jangan pake kilat. Tapi kayanya kilatnya gak udah-udah nih , yasudahlah kita pakai jas ujan kita lalu bergegas untuk naik.

Dengan ujan yang deres banget dan kilatnya pun kenceng-kenceng ngebuat gue takutnya stengah metong , kelompok-kelompok yang lain pun yang pengen naik neduh dulu,tapi kita mah engga , jalan aja udah banjir-banjiran dah..

Setelah lapor dan membayar biaya masuk ke Taman Nasional Pangrango kita pun naik. Dengan keadaan yang gue sebutin di atas ujan dan kilat gue takut bgt sepanjang perjalanan karena kitakan nembus hutan, hal-hal buruk yang kemungkinan terjadi yaa pastinya banyak , berdoa ajasih guemah.

Pendakian dimulai ,

30menit pertama uhh rasanya baut di kaki gue kendor…

15menit kemudian uhhh rasanya kaki gue mau copot…

10 menit kemudian haduhh gue udah engapp..

Setiap gue ngerasa engap semuanya harus istirahat haha ,dikarenakan gue yang masih newbie jadi mereka harus ngikutin gue. Sedari tadi pas awal naik gue udah ngerasaain dingin-dingin dibagian telapak kaki gue karena tadi ngelewatin jalanan yang banjir nembus dah..

Bagi pendaki jalanan datar itu bonus haha , selebihnya engap-engapan dah belom lagi kalo tracknya susah hadeh udah bawa tas berat , pake jas ujan , sepatu basah , ampyun..

Foto

Kita sampai di pos (berapa gue lupa) persediaan air minum udahmenipis , makanan ringan pun sisah dikit banget yaudahalah dimakan aja daripada kelaperan , diguruy hujan dibawah pohon gue makan biscuit yang udah kena air ujan dan rasanya itu gak karuan , gue minum air juga airnya kecampur sama air ujan , nikmatin ajalah..

Perjalanan dilanjutkan..

“Kita masih jauh ya?” dengan nada yang lemes gue selalu menanyakan pertanyaan ini

“Enga ko ,dikit lagi sampe” ada aja yang ngebantu jawab..

“Tenang aja Da, didepan ada Indomart , ada Alfamart , ada sate padang ada tukang nasi uduk pokoknya lengkap dah” ada lagi nih yang ngebantu jawab..

Gue sih ngeiya-iya in aja , berharap ada beneran meskipun sebenernya yaa emang gak ada , tapi buat nyemanggatin diri sendiri jawab aja iya wkkw.

 

 

Jangan tanya gue yang mana,itu gue yang pake jas ujan warna pink kwkw

Satu langkah demi satu langkah gue telusurin ,sumpah ya ini diet yang paling ada ekstraknya gue ngerasa keringet udah ngucur nembus baju ,tapi gak tau mana keringet mana basah karena air ujan. Yang jelas gue udah engap banget ,mamah tolongg berat banget ini bawa tas sama pake jas ujan huaaaa!! 

"Masih jauh gak sih????" Lagi-lagi pertanyaan itu keluar dari mulut gue.

Mungkin kalo mereka tega mah gue ditinggal kali ya karena banyak bawel ngomong mulu haha untung aja mereka gak tegaan orangnya. 
Kalo gue punya kantong Doraemon dari pas baru naek gue udh keluarain sesuatu benda dari kantong gue deh, ya pintu kemana saja kek,atau baling-baling bambu atau sepatu roda apa gitu pokoknya yang bisa mengantarkan gue kesana tanpa harus engap-engapan gini haha.

Udah bisa kebayang kan rasanya diungkep gini udh kaya lontong-_-



Setelah jalan lagi mendaki lagi ngelewatin batu-batu besar yang licin sehabis ujan akhirnya kita ketemu juga sama jembatan ini, tandanya kita udah mau sampe ketempat tujuan yaa kurang lebih 2jam an lagi gitu deh (kalo jalannya kaya keong,iya kaya gue gini)

Keliatannya gak ujan ya,padahal masih netes2tuh..

Ciwi-ciwi mukanya udah pada pucet (baca:kedinginan,kelapera ,kecapean)

Selpi bukan silpi apalagi slipi cekakakak



Karena curugnya sebentar lagi sampai gue makin semangat nih jalannya. Gak sabar pengen cepet liat , dan akhirnya rasa cape gue dan segala keluhkesah gue terbayarkan dengan pemandangan yang wahhhh pokoknya apik tenan lah, air terjunnya yang deres yang kalo gue ngomong harus teriak-teriak saking deresnya, airnya yang dingin dan tajem bangett . Sayangnya alam tadi gak bersahabat jadinya kita gakbisa turun untuk sekedar main air dibawah, tapi sumpah ya ini tempat keren deh apalagi kita pengunjung yang ketinggalan nyampe haha jadinya disini sepi cuma ada beberapa org dan rombongan kita ,jadi berasa ini Curug punya kita wkwk

Saking semangatnya baru sampe langsung pada selpi dulu padahal masih pake jas ujan, padahal udah gak ujan. Wkwk 




Alhamdulilah kita sampai dengan cuaca terang-terang gimana gitu, tapi percuma ajasih pakaian gue dari atas sampe bawah basah semuanya ,jangan masuk angin aja.



Disana dingin banget, belum lagi kena cipratan air terjunnya yang makin basah aja baju gue. 

Kita main-mainnya udah puas kan? Saatnya bergegas pulang ,berhubung udah masuk waktu Ashar jadi pada solat dulu deh.

Perjalanan kita pulang gue jalan duluan sama Aris dan yang lain mengikuti dibelakang, ah senangnya kalo pulang gini lebih banyak jalanan yang menurun haha. Gue gak nyerasa seengap yang tadi soalnya gie gak pake jas ujan haha

Kondisi batu-batuan sehabis ujan. Licinnya bukan main, kalo gak ati-ati bisa kepleset.


Hmm baru tadi gue bilang atiati licin,eh gue yang kena. Gue salah injek batu akhirnya kaki kanan gue kekilir dan rasanya gak karu-karuan karena kaos kakinya udah basah dan ada rasa-rasa keram gitu, sampe dipaksa buat jalan sakitnya bukan main, akhirnya dibantu diurutin sama Erik, dikasih minyak angin tapi gak berasa :( soalnya kakinya dalam keadaan basah:'(.

Akhirnya guepun jalan dengan sangat hati-hati ngejaga kaki kiri gue supaya gak kenapa-kenapa. 


Disepanjang perjalanan pulang durasi waktunya lebih cepet dibanding pas naik, kita sepanjang jalan ngobrol ngalur-ngidul ngebahas apa aja yang enak dibahas. Gue jalan paling depan sama Aris, pas gue sama Aris lagi asik ngobrol kita jalan agak nikung gitu dan ada sesuatu yang gue liat diseberang mata gue ada sekilas liat kaya prajurit gitu lagi naik diatas kuda pakiannya lengkap seorang prajurit dy kaya lagi ngawasin kita gitu walaupun cuma sekilas tapi itu jelas bgt dy naikin kuda ditengah-tengah pohon besar ,pada saat itu gue yang lagi ngoceh-ngoceh gak jelas langsung diem sebentar dan bertanya dalam hati "Lah di hutan gini ada prajurit naik kuda??" Gue yang sebenernya parno gak berani ngomong sama Aris pada saat itu takut jadi pada parno juga,ntar nyamber lagi sampe belakang belum lagi hari itu emang udah sore banget awanpun udah gelap dan kita masih di tengah-tengah hutan. Huhftt. 

Selepas dari apa yang gue liat beberapa menit yang lalu gue masih ngelanjutin obrolan yang sempet keputus tadi. Gue lupa kita waktu itu lagi ngebahas apan.

Sebelum memasuki waktu solat magrib tiba kita udah sampe dibawah. Wah makasih ya allah selamat sampe bawah. 

Besek Holic

Selesai solat ,berkemas-kemas ,ganti pakaian lalu kita pulang ke Jakarta.


Dari Cibodas sampe Jakarta gue pake celana traning doang, bisa bayangin gak gimana rasanya? Uh ulala~

Sebelum otw isi perut dulu, dari pada beli makanan yang belom tau lebih baik beli yang udah biasa semua selera wkwk nasi padang ajalah yang udah tau rasanya kaya gimana. Setelah itu siapain diri nembus dinginnya malam..

Disepanjang perjalanan kita lebih suka ngebut demi nguber waktu, jalan sesuai formasi dan bismilah supaya juga sesuai jadwal sampe Jakarta jam 10an.

Yaps ,apa mau dikata ada aja kejadiannya. Ban motor yang gue naikin sama Aris tbtb bocor, uhh .. Karena yang lain pada ngebut dan kita dibelakang ada masalah sama ban akhirnya kita kepisah sama mereka, sekitar 15menitan gue coba ngehubungin mereka akhirnya mereka baru hubungin gue balik untuk tanya kabar dan gue jawab dengan sejujur-jujurnya kalo ban motornya bocor dan saat ini Aris lagi cari tukang tambal ban motor ,guenya lagi jagain motor sendirian dan keadaan gue sama Aris baik-baik aja . Setelah ditingga sendirian akhirnya ketemu sama tukang tambal ban yang agak jauh dari lokasi gue berdiri tadi. Anak-anak yang lain nungguin dijalan yang sama yang jaraknya lumayan jauh dari tempat kejadian. Sampai Diky dan Erik akhinya nyusulin kita. 20-25menitan si akang tukang tambal ban itu ngebenerin ban yang bocor dan kita jalan lagi.

Ketemu lagi sama anak-anak yang lain ,mereka lagi ada dipinggir jalan lagi pada istirahat. 

Sekitar perjalanan kurang lebih 1km ban kita bocor lagi,ashhh...

Saat ini udah jam 12malem jalanan disini masih rame bangett lohhh..

Untung pas dibelakang kita masih ada Erik jadinya kita gak cengok ,saat ini kita di SPBU daerah Parung kalo gak salah. Setelah nyari-nyari tukang tambal ban akhirnya ketemu juga tukang bannya yaudah diganti ban dalemnya lah sekalian daripada ntar bocor lagi makan waktu. 

Gue udah mulai ngantuk nih.. Yang lain lagi tambal ban.. Gue tidur dulu ya.. (Jangan tanya dimana tidurnya cuma dipinggir toko sebelah tukang tambal ban gak pake bantal cuma duduk sambil nunduk muka ditutupin pake helm) sekian.

Menuju ke angka 01:00 ,artinya hari ini hari Sabtu besok pagi jam 8 gue harus udah duduk cakep dikantor. Haiahhh tapi saat ini masih di Parung.

Karena takut bannya bocor lagi gue pindah haluan haha gue naik motor sama Erik menyelusuri jalan menuju Jakarta..

Singkat cerita kita sampai di Jakarta jam 2pagi, gue yang tadinya niat mau pulang kerumah karena di jadwalnya jam 10udah sampai Jakarta dan ternyata bablas sampe jam 2 terpaksa harus nginep di rumah Ana. Tidur singkat ,bangun keburu-buru langsung jalan ke kantor. Untung rumahnya Ana sama kantor gue deket jadi bisa jalan kaki deh. 

Kaki gue yang dari kemaren udah jalan mulu sekarang jadi gemeteran kaya gini. 
Maklum aja yakan liburannya karyawan ,ada tanggal merah nyelip langsung "Mau kemana kita??" Haha tapi kalo udah kewajibannya masuk kerja mah tetep masuk harus profesional . Capenya kaya apan tau juga gak masalah sih buat gue, kan ngebeli pengalaman itu emang butuh pengorbanan. 

Udah dulu ya gue cape ngetiknya..

Tunggu cerita perjalanan gue selanjutnya yah....

Watch "Touring to Cibeureum Waterfall, 2 - 3 April 2015" on YouTube - Touring to Cibeureum Waterfall, 2 - 3 April 2015: http://youtu.be/qWgbOU6LDwA 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ngetrip ke Kebumen, ceria dibalik cerita~

Assalamualaikum gaesss.. Balik lagi ketemu gue diperjalanan gue kali ini. Gak pake panjang lebar cekidooot kita nyari tiket buat ngetrip lagi berhubung tanggal merah di penghujung akhir tahun ini cuma dikit jadinya kita ke piknik ke tempatnya yang deket-deket aja hihi. Tanggal cantik di bulan Desember 2016 cuma di tanggal 12 yang merah jatuh pada hari senin. Jalan cantiknya pulang ngantor hari sabtu meluncur ke stasiun senen perjalanan kali ini makan waktu sekitar 8jam-an. *stories before the trip begins* Kali ini kita nge trip nya cuma ber4 tadinya malah gua mau nekat sendirian karena ditempat yang mau gua tuju itu rumah temen gua yakin gua pasti berani, but berhubung mentalnya belom kuat dijalan takut kenapa-kenapa tepar gak ada yang tau alhasil bareng-bareng jae lah biar ramean. Di Kebumen ada temen kecil gua yang tinggal disana namanya Wulan, tadinya dy tinggal di sini (Jakarta) tetanggan sama gua dari kecil tapi pas SMA dy dimutasi sama nyokap bokapnya buat balik ke Jaw

Bandung ceriwis dadakan yeye~ @ Villa Istana Bunga @ Tangkuban Perahu

Ciaraaaaaaa.... Ada yang baru , kali ini udah jadi mahasiswa dan ini pengalaman baru gua tour bareng temen2 tanpa orang dewasa haha . Sekitar tanggal 6 Desember 2013 kita menuju bandung , berkat refresi dari mbah google sekian setelah lama kita berbicang2 tentang "Kebandung yukk kita maen" Nah H-7 tepatnya semiggu sebelum berangkat singkat bgt yaa waktunya pokoknya dalam waktu kurang lebih semiggu itu kita semua gue , ka elis , septy dan ana . bermain fix-fix-an pookokya dengan waktu singkat itu tanggal 6 harus berangkattt . Setalh cari villa lewat internet , caritau arahnya dari tol jkt menju kemana , pokoknya ini acara gokil tanpa persiapan lanjut terusss ... Bla-bla-blaaa persiapan berangkat jumat malam ,ngumpul di depan kampus . Masuk mobil , kita ber 7 langsung cauuuu dadakan menuju bandung , gue , ka elis , septy , ana , ka dona , ka doni dan tulus . Masing2 couplean gue doang yang engga Pasang maps , karna dari kita ber7 gak ada yang tau jalan menuju bandung .. Di

Ngetrip ke Malaysia, asik-asikin aja yakaaan

Assalamualaikum guys, Apa kabar semuanya? Kali ini gue nge-share trip gue ke Malaysia tanggal 29 April 2017 sampai dengan tanggal 02 May 2017, ini pertama kalinya gue pergi jauh sampe ninggalin negara gue ceilah haha. Gue jalan sama temen kantor yang udah berpengalaman ke luar negeri beberpa kali, dan pada trip ini gue jadi anak bebek aja. Kita ke sini rame-rame kaya mau besanan haha ada Gue, Peni, Kakak Sucing, Pipah, Kakak Endah anaknya sama suaminya, ada Andre, Wacit sama Mamang Andi. Kita cari tiket dari jauh-jauh hari dan pada hari Hnya tiba pun ughh im so excited, berangkat dari kantor jam 12 teng kebetulan ini hari sabtu menuju ke terminal 2E ngurus imigrasi, check-in, dan lainnya pesawat kita take off 14:55 kemungkinan sampai di KLIA2 sekitar jam 6sore karena perbedaan waktu Indonesia-Malaysia 1 jam. Bismillah, safe flight haha Begitu sampai di Kuala Lumpur International Airport 2 kita langsung beli kartu perdana seharga 30RM ya kalo di rupiahin sekitar 91Ri