Langsung ke konten utama

Trip to Bali, ini bukan Backpackeran ala koper, cuma liburan alamahasiswa yang murah dan gila.

Selamat membaca, semoga gak ngakak.

Hello Gaes..
2015 datang saatnya mencatat tanggal merah haha. Trip tahun ini agak nekad dan memang gila di karenakan taun ini gue lumayan ada tanggungan yang wajib dibayarkan kalo gak biyarkan hukumnya dosa soalnya itu wajib haha. Kalo taun kemaren gue menjelajah ke Pulau Jawa yaitu ke Tegal , Jogja dan Sukabumi yang setiap destination nya berbeda-beda kisahnya ada tuh postingannya di bawah sini bisa dibaca-baca. Tahun ini trip kita masih ke Pulau Jawa juga yaitu Bali. Denger nama Bali atau yang biasa orang sebut dengan Pulau Dewata pasti langusng tertuju pada liburan yang mahal ,kelas mengenah atas ,bule-bule bikinian haha. Meskipun Bali itu sering dikatakan sebagai destination yang paling  mainstream tapi tetep ajasih kata kalo kata guemah kalo belom nginjek tanahnya belom dicategorikan mainstream.
Pada awalnya gue sama Peni (dy adalah temen sekantor gue) kita iseng-iseng aja ngomong “Ke Bali yuk!” “Ayukk ,kapan??” “Cari tanggal deh yang liburnya banyak udah gitu keselip hari minggunya”.. Biar kaya orang-orang.. Setelah dapet di bulan Mei banyak libur tapi kita lebih millih dibulan berikutnya , yaps bulan Juni soalnya kalo Mei aduh terlalu cepet belom nabung broh haha.
Dapet di akhir bulan Mei bablas sampe tanggal 2 Juni. Yang bikin nyebelinnya cuti gue taun ini udah abis gara-gara dipotong utang cuti lebaran tahun lalu , jadinya terpaksa harus harus potong gaji ahelah kaga taudah liburan apan ini udah rugi duluan gue haiyahh…
Setelah usaha keras kita gak jajan selama 5bulan berjalan akhirnya mendekati bulan H-nya juga haha agak lebay juga sih sampe gak jajan gitu kwkw tapi emang begitu adanya. Kita bener-bener mandiri dah , mulai dari nyari pesawat ,hotel , tempat makan yang enak dan murah udah gitu halal , travel , tempat oleh-oleh yang murah , dan banyak lagi seputar Bali yang kita gugling setiap hari diatas jam 4 (jam selesai kerja) kita berburu semua situs di website , mulai dari website resminya itu maskapai , Tiket.com ,Traveloka , Groupon , Nusa Trip , terus apaan lagi ya yang sering ada promo-promo gitu , hotel akhirnya dapet di Groupon ,dengan pertimbangan yang matang kita memilih Q Hotel Bali yang letaknya di Jln. By Pass Ngurah Rai No. 38 Kuta-Bali gak jauh dari Bandara lah , kamar yang disediakan juga lumayan lah 4D3N Superior room (with breakfast) mayan-mayan-mayan kaga perlu repot nyari nasi uduk haha 1 kamar untuk 2org, untuk pesawat kita dapet di Tiket.com dengan maskapai AirAsia pulang-pergi (aduh broh bismilah aja , soalnya nih yaa kejadian terakhir yang lagi booming AirAsia jatoh dan itu gue yakin ngerusak nama baik dari pihak AirAsia dan pastinya bikin ragu untuk orang yang mau naik haha,awalnya gue sama Ana (dy adalah temen TK-nya Peni dan dy adalah temen dikampus gue lalu Peni dan Ana sekalian reunion,sekian) yang ditugasin buat nyari tiket agak ragu juga untuk pake maskapai ini abis beritanya gak udah-udah sih , tapi gue sih positif thinking aja mungkin kejadian yang kemarin itu memang musibah yang udah Allah takdirin , dan memang pada saat itu katanya sih cuaca lagi kurang mendukung , jadi ya Allahuallam ajalah ,semua udah ada yang ngatur , lagi pula tiket promo paling murah cuma itu doang hehe). Tiket pergi dan tiket pulang udah dapet (etdah ke Bali doang broh ampe 1.110K udah kaya mau ke luar Negeri ajah eh tapi gue belom pernah ke luar Negeri sih haha sotoydah gue) itu belom termasuk tax airport CGK dan DPS (115K amsyong broh haha), Hotel selesai tinggal booking dan check in , pesawat selesai tinggal dateng ke bandara beberapa jam sebelum keberangkatan , ngurus bagasi , boarding pass , blablabla take of dah (begitu sih kata yang udah pernah naek cckckc) , nah tinggal kendaraan doang nih yang masih dipermasalahin , gue ada sempet kasih saran untuk kita di Bali nge-rafting aja , menjelajah sungai di Telaga Waja yang serunya itu setelah cape main air dan tereak-terakan kita di suguhin  makan siang di sawah gitu , haha dasar orang kota mah ngeliat yang ijo-ijo bawaannya norak ajah haha. Tapi kayanya kalo jauh-jauh ke Bali cuma nge-rafting aja kurang asik , soalnya kan di Bali buanyak banget tuh tempat yang terkenal jadi kita menjelajah aja yukk marii.
Bulan Mei datangg , yuhuuu..
Selama ini kita cuma komunikasi lewat grup di WhatsApp doang untuk ngebahas ini itu dan ngurusin ini itu , H-7 kita ngadain meeting untuk siapin semua-muanya , hadeh udah kaya mau ngapain aja ya wkwk
Terakhir gue melakukan perjalanan naik-naik ke puncak gunung di gunung Cikuray Garut pertengahan Mei lalu , yaa meskipun gak sampe puncak .. Nah akhir bulan Mei ini berangkatlah kita ke Bali Cihuyy..
Hari sabtu tanggal keberangkatan , pagi-pagi gue udah rempong banget  bawa koper buat di titipin di rumah Ana kebetulan kantor gue deket dari rumahnya , pas teng jam 1 siang gue langsung ngacir meluncur..
Istirahat sebentar dirumahnya , dan disitu udah ada Komeng (Dy adalah temennya Ana bukan temen gue kalo dy lagi kentut sembarangan) yang lagi tidur-tiduran. (Enak bener meng bolos kerja)
Jam 4an menuju Bandara ..
Pas sampe yaudah dengan muka bloon-bloon ya cuma ngikutin papan informasi ini itu aja , nyampe langsung ke Operator , ngurus bagasi , nunggu , makan , selfie-selfie sambil nunggu ,eh delay 15 menit. Duhhh..
Cekidooootttt
Ini pertama kalinya naik pesawat. KITA BEREMPATTTTT! KITA BEREMPATT LOHH!! (sengaja gue capslock biar kaya di tivi-tivi gitu lagi pas suasananya tegangg)rrrrrr~
Posisi duduk gue pas samping jendela , ditenga ada Komeng, sampingnya Ana. Peni dapet tempat duduk beberapa nomor dibelakang kita . Aduh bismilah aja gue mah..
“Meng gue takut nih” kata Komeng ngomong sama gue
“Yaudah nyantai aja” tegas gue yang sok berani
“Na gue takut” kata komeng lagi ngomong sama Ana.
“Nih mau permen gak?” jawab Ana
“Meng , gue pegangan sama lu yaa..” kata Komeng sambil megang tangan gue
“Muka lu jelek amat sih begitu” kata gue pas nengok kearah Komeng
“Gue panik , gue takut meng , lu tau sendiri gue baru pertama kali naik pewasat” jawab Komeng
“Berarti tiap hari lu panik dong?” balas gue
“Sial lo!!” tiba-tiba nadanya keras
“Cekakak” gue dan Ana ketawa ajalah biar rame
“Yaudah kita berdoa dulu yuk sama-sama biar kita selamat sampe tujuan gak terjadi apa-apa” bales Komeng
“Aamiin” satu pesawat ngeaminin
“Eh kita sekitar 1 sampe 2 jam an gitu tau diatas pesawat , gilak gak lu?” kata gue
“Ihh gimana dong..” bales Komeng
……. …………….....
Percakapan selesai kita lagi pada wiritan

Pemandangan dari ketinggian yang gak tinggi-tinggi amat , btw rumah gue sebelah mana ya? Haha

~~~
Akhrinya setelah semuanya panik kita cuma bisa lemes dan pegangan erat-erat saat pesawat ini naik terus belok , gue sih udah pernah naik roller coaster  di Dufan , bahkan yang lebih gilanya naik roller coaster di TSB , tapi kan itu semua cuma beberapa menit doang , dan muatnnya 1 kursi 1 orang 1 sabuk pengaman , kalo ini kan Pesawat penumpangnya banyakkk kalo miring-miring gini gue cuma bisa istigfar sama baca doa-doa lah dalem hati.
Setelah berberapa jam diatas udara kaya orang nyetor nyawa tau gak sih kalo naik pesawat itu haha Alhamdulilah yaa cyinn kita selamat sampai tujuan , landing dengan aman sentosa dan damai meskipun kuping gue rada konslet gitu karena duduk sebelah jendela.
Sesampainya di Bandara kita di jemput sama si Bli , namanya adalah Bli Agung, dy yang akan nemenin kita sampai hari ke-3 kedepan. Kita mampir ke Krisna ini adalah tempat dan surganya oleh-oleh , jadi kita sisihin uang dulu yuk buat orang-orang yang ada di Jakarta . Beli makanan khasnya Bali jangan lupa kue yang tengahnya ada susunya lupa namanya apa , beli kacang-kacangan , beli jajanan lain-lainnya yang sekiranya di Jakarta gak ada lah gitu.
~~~
Hellohhh , kita udah ada di Bali nih padahal kemaren masih ada di Jakarta lagi kerja haha jangan lupa atur jam tangan sesuai waktu disini..

Kita sarapan pagi dulu ya sebelum beraktifitas sampai sore nanti
Pagi ini kita mampir dulu ke Jogger , gudangnya kata-kata. Berburu baju dan lain-lainnya yang sekiranya unik dan di Jakarta gak ada. Selesai berbelaja kita naik ke atas ke objek wisata di Bali yang cukup terkenal kita berkunjung ke “Ulun Danu Beratan – Bali” ituloh Pura yang ada di duit Rp. 50.000
Perjalanan dari hotel ke lokasi tujuan cukup jauh sekitar 2-3 jam an lah , belum lagi hari ini kita bangunnya kesiangan dikarenakan tidurnya kepulesan haha..

Hari ini ada lagi ada sembayang gitu di salah satu tempat ibadah disekitar Pura , nah bagi perempuan yang lagi kotor atau lagi haid dilarang keras untuk masuk ke tempat ini (mungkin masuk ke tempat sembahyangnya kali ya gue sendiri juga kurang paham banget).
Udah keliatan tuh banyak wisatawan asing yang berkunjung ke tempat ini , biaya tiket masuknya (aduh gue gak inget). Pas masuk langsung deh gak pake lama , langsung mengabadikan moment.
Setelah cape abis berkeliling ada baiknya kita ngisi perut duluu.. Kebetulan di deket tempat wisata ini ada resto yang menyediakan makanan prasmanan gitu kita boleh ambil apa aja sepuasnya satu kali piring dengan harga 96rb/piringnya  , tapi berhubung kantong mahasiswa jadinya kita pesen menu yang biasa-biasa ajadeh (padahal prasmanan loh dan menunya banyk udah gitu keliatan enak-enak banget tapi sayangnya itu gak bisa di bungkus kalo bisa dibungkus kan lumayan buat makan malem dihotel kalo kelaperan hehe). Karena uang jajan kita yang untuk makan itu ngepass banget dan harus mikir keras gimana caranya itu uang ada untuk makan 2 hari kedepan makanya  kita irit-irit banget lah haha. Oke kita cuma pesen seadanya aja , 3 menu makanan untuk dimakan ber4 bebek goreng (setengah) ,sate ayam 8 tusuk , dan sayur apa gitu gue gak tau namanya ,itupun posrinya yaampun dikit banget , kalo soal mahalnya emmmm gak usah ditanya kalo kata orangmah namanya Bali kalo gak mahal kurang apanya gitu, pajaknya aja 20% sendiri broh hamsyong….

Selesai makan kita lanjut menjelajah Kota Bali yang banyak orang bulenya ini haha.
Kita berkunjung ke Alas Kedatong  di LDP Desa adat kukuh marga Tabanan Bali. Ituloh tempat yang banyak monyet-monyetnya , tapi kita mah payah jangankan disuruh ngegendong monyetnya , monyetnya nyamperin aja kitanya udah kebirit-birit ketakutan haha.

Selanjutnya kita menghabiskan waktu sore di Tanah Lot. Alhamdulilah yah kita bisa menyaksikan sunset paling indah . Tepat banget diatas laut lepas mataharinya lagi bulat sempurna turun ke bawah . SubanaAllah ciptaanmu tiada yang tidak bermanfaat , semuanya bermanfaat.

Udah cape foto-foto , kita lest go balik ke hotel untuk istirahat.  Perjalanan yang cukup jauh dari Tanah Lot menuju Hotel kayanya tidur enak nih lumayan buat istirahat.
Weeewww akhirnya sampai yaa tapi bukan ke Hotel , mampir dulu jalan-jalan malem keliling Kuta . Rame banget sepanjang jalan Kuta , banyak bule yang lagi pada kongko di Cafe kalo kitamah di warung makan biasa ajalah kwkw.

Malam semakin larut, perut udah nyanyi tra -lala-tri-lili-aku-sayang-sekale-dora-e-m-on
Kita mampir makan di pinggir jalan sekitar Kuta , resto ini cukup banyak pengunjungnya ada beberapa Bus yang baru aja mampir bareng kita . Lo tau apa yang mau kita makan? Makanan khasnya orang Bali , yapssss ayam betutu , bukan ayam betul-betul-betul . Udah ah gak banyak omong gue , mari makannnnn~~~

Sampai di Hotel bobo dengan nyenyak , besok kita menjelajah lageeeee...
~~~
Hari ke-2 di Bali , pagi ini jam 8 tengg kita udah selesai sarapan dan udah siap untuk menjelah.
Rute kali ini ke arah atas (ya begitulah bunyinya)
Perjalanan kita ngelewatin jalan tol layang yang dibawahnya banyak pohon mangrovenya , ini sejenis waduk tapi luas buanget , dan jalan tol ini mempermudah perjalanan kita ketempat yang dituju. Di sepanjang jalan tol ini gue ngebuka sedikit kaca jendelanya buat ngerasain angin sepay-sepoynya Bali hihi di setiap sisi kanan maupun kiri ada jalur khusus pengendara motor, jadi yang naik motor juga bisa lewat jalan tol kaya di jembatan Suramadu gitu ya mesikupun gue belum pernah ngelewatin tapi katanya sih begitu ,hmm seandainya jalan tol di Jakarta dan sekitarnya ada jalur khusus buat sepeda motor alangkah indahnya Negeri ini bebas dari macet yang bertumpuk-tumpuk tiap pagi dan sore hari yaa jam-jamnya orang kerjalah ,kalo beneran ada udah pasti gue bakalan lebih sering keluar kota nih karena gampang  tinggal masuk tol aja abis itu ikutin arah plangnya gak kaya lewat jalan raya udah macet suka nyasar pula haha.
Pagi ini kita ke Pasar Sukowati ,ditempuh perjalanan yang cukup jauh akhirnya kita sampai . Ini pasar masih sepi mungkin lagi pada sembayang kali ya, kesempatan kita untuk lebih cepet belanja.
Gue langsung dateng ke 1 lapak , gue tanya sama si Mbok ini dy jual apan aja terus Mboknya langsung ngegelar dagangnnya , karena gue dan Ana adalah pengunjung pertama kemungkinan besar bakalan dapet harga miring. Yaelah bener aja kan , gue naksir sama kain tenunnya kata Mboknya ini aseli Bali kebetulan banget gue memang lagi nyari kain kaya gini buat dipake kalo wisudaan atau minimal dipake untuk dateng ke acara nikahan . Si Mboknya nawarin kain ini dengan harga 150k , karena gue dan Ana masang muka niat gak niat mau beli (tapi kalo murah pasti dibeli) si Mboknya agak resah sampe akhirnya gue main tawar menawar , langung aja gue tembak harganya “50 dapet gak Mbok?”
Dengan muka pasrah Mboknya bilang “Yaudahlah , buat adek ber2 , buat penglaris”. Weeeww kain tenun dari harga 150 jadi kenanya cuma 50rebu , padahal gue terakhir cek harga di Tang City harganya 250 ribu gak pake nawar , gue udah sengaja jalan tuh eh si mba-mbanya ko gak manggil gue ,suek. Eh disini dapet dengan harga istimewah. Terus gue beli sarung Bali dari harga 65k jadi 30ribu haha, beli 1 setel baju bali seharga 20rebu. Gue mau ngakak seratus ribu bisa dapet 3 hihi. Kita menjelajah lagi beli sendal ,beli tas , beli baju (lagi). Pokoknya kalo kata gue mah selagi  harganya masih masuk akal dan di Jakarta kira-kira gak ada terus aja belanja hihi .
Ada tips nih buat yang pada mau belanja di Pasar Sukowati versi gue.
1. Dateng pagi-pagi (kalo perlu pas lapaknya belom di buka lu tongkrongin aja tuh)
2. Mukanya nyantai aja kaya niat beli gak niat beli gak usah terlalu napsu
3. Jangan tanya “ada barang ini gak?” tapi liat-liat aja dulu nanti kalo udah dapet 1 barang baru deh tanya barang lo yang cari
4. Nawar setengah harganya dulu, kalo mau langsung nembak kaya gue boleh aja asal dikasih mah.
5. Kalo nawar jangan kebangetan juga , yang masuk akal misalkan tas harganya 95ribu jangan mentang-mentang di Sukowati lo tawar jadi 15ribu ya Mbok (kalo gak lo langsung di usir atau parahnnya lagi dicacimaki dulu)
6. Keliling ke semua lapak , biasanya kalo lapak sebelah udah laku lapak sebelahnya pasti otomatis tawarin harga yang lebih murah (eaa jleb banget kalo cewemah beli barang yang sama harganya beda goceng aja diomongin mulu ampe rumah wkkw)
7. Cari barang yan kira-kira di Jakarta gak ada

Itu dy tipsnya haha semoga bermanfaat . (Kalo cewe sih gak pake tips-tipsan udah bisa sendiri secara natural kalo cowo lain cerita).
Selesai belanja kita berkunjung ke GWK (Garuda Wisnu Kencana) Cultural Park . Biaya masuk GWK 50k/org kalo pelajar beda lagi  (kalo gak salah , gue lupaan orgnya padahal gue udh catet tapi lupa taro dimana catetannya) .
Ini jadwal pertunjukannya

Selamat menyaksikan.

Setelah pertunjukan selesai kita keliling GWK untuk sekedar mengabadikan moment dan foto sama patungnya Dewa Wisnu , Plaza Garuda  dan sama apaun yang ada di sini .

Lanjut lagi berkeliling Bali , kali ini kita ke Pantai Pandawa. Weeeeww pantainya bersih dan tenang. Dari atas tebing yang tinggi lautnya membentang rasanya lama-lama disini juga ane betah gan...

Kita main perahu layar dulu yukkk buat nyebrang ke sana.

Dari sini keliatan tebing-tebingnya Pantai Pandawa .
Pas kita bertiga lagi santai-santainya menikmati senja di Pantai Pandawa ini sambil nnulis-nulis nama di atas pasir ceilah  biar kekini-kinian tiba-tiba Komeng berdiri lalu menjauh dari kita , dan doi kentut , dan lo tau siapa orang yang dibelakangnya dy yang dy kentutin itu?? Ibu-ibu satu keluarga besar yang pake baju putih-putih , lo tau apa artinya itu? Mereka baru pada pulang abis sembahyangggggg. Gilak hahaha gue rasa cuma Komeng doang tuh yang paling berani kasih kentutnya ke orang yang pada pulang abis sembahyang ,dengan tampang paling begoonya dy ngomong sama gue “Meng gua abis kentut” dy gak liat belakangnya ada siapa | “Benga lu! Itu belakang lu liat soekkk” gue ngasih tau siapa orang yang abis nyium aroma kentutnya dy | “Ish astagfirul meng , gue kaga tau” langsung menjauh dari tempat itu dengan muka polosnya tanpa rasa bersalah udah kasih udara yang bau busuk. Pas anak-anak tau tentang hal itu mereka semua cuma bisa ngakak gak berenti-berenti hahahaha kejadian ini bakalan selalu gue inget sampe sakit banget perut gueeeee:D:D

Ini ibu-ibu yang Komeng kentutin yang pake baju putih-putih itu haha
~~~
Pas mau pulang gak lupa foto sama patung Dewa-dewa ini , gue gak begitu tau mereka dan sejarahnya  gue cuma pernah beberapa kali nonton Mahaberata dan flim Krisna , tokoh-tokohnya itu ya si Dewa dan Dewi itu.

Menjelang sore perut kita keroncongan , pulang dari Pantai Pandawa rasanya enak nih makan-makan yang berat (bukan batu bata dll) , cari nasi gorengg yukkkk..
Kita mampir ke salah satu resto di pinggir jalan yang ada nasi gorengnya , sengaja carinya makanan berat biar kenyang sampe malem wkwk.
Begitu parkirin mobil di pinggir resto kita langsung masuk dan disambut hangat sama si mba-mba penjualnnya ini , gak pake basa-basi langsung liat buku menunya dan langsung pesen nasi goreng 4 pedes es teh masinya 4 , si Bli dan supirnya juga ikutan makan disamping pojok sebelah kita. Pas lagi senggang kita cerita-cerita sambil liat foto-foto yang ada di kameranya sekalian nunggu pesenannya dateng , gak lama kemudian pesennya si Bli dan supirnya dateng .
“Yang punya mereka ayam ya, jangan dicampur” kata si Bli pada saat pesenannya udah dianter sama mba-mbanya
Eng-ing-engggggg!!!!
Apa makustnya nih , dalem hati gue nyari-nyari petunjuk tentang ucapan Blinya barusan, pas ngeliat papan menu yang ada ditembok emm langsung gue kasih tau temen-temen gue ..
“Liat ke arah tembok jam 12 ,dipapan menunya”  gue nyuruh Ana untuk nengok ke arah depan
“Aissssss... Gimana dong?” Muka panik Ana
“Lemessss guehhhh” mukanya makin panik
Lo tau apa yang bikin gue lemes? Di papan menu itu ada tulisan “Nasi Goreng Babi” aduh gimana gak bego gue malah udah dipesen , kalo keluar dari sini kan gak enak juga mubazir makannya dan satu lagi yang bikin shocked pesenan si Bli dan si driver adalah nasi goreng babi dan pesenan mereka keluar duluan setelah itu baru deh di susul pesenan kita yang baru keluar, itu artinya kemungkinan digoreng dengan 1 penggorengan yang sama , 1 spatula yang sama ,1 bekas minyak yang sama , 1 tempat potong-potong ayam yang sama dan ahh masih banyak tanya lainnya yang bikin gue jadi bego gini...... :(
Gue yang udah tau kalo nasi goreng ini bekas bikin nasi goreng bebi jadi males buat makannya tapi gue laper dan kita semua gak punya persediaan makanan di Hotel , yaudah deh akhirnya gue pilih-pilih yang sekiranya itu nasi beneran baru deh gue makan. Doa kita pas makan nasi goreng itu beda dari  doa-doa biasannya ada kata-kata tambahan “ Ya Allah kalo makanan ini ada yang haram semoga bisa cepet keluar lagi yaAllah” bismillahirohmanirohim , Allahuma bariklana fima rozaktana wakinna aabanar Aamiin. Mari makan dengan muka lemes..

Semua nasi gorengnnya gak ada di abisin sampe bersih cuma di acak-acak karena pilih-pilih, begitu sampe didalem mobil kita semua hening , kaya ada dosa yang besar banget yang baru aja kita lakuin, ini entah hening atau muka begonya yang keterusan ,sampai di Hotel masih dengan muka yang sama. Selamat malam  udah ah masih lemes kita~
~~~
Malam ini sampai di Hotel lebih sore sekitar jam 7an , kita bergegas masuk kamar hotel dan mandi, gue berharap banget bisa mules dan alhamdulila mules jadi seengganya nasi goreng tadi udah keluar lah, hehe lumayan muka gue gak bego lagi...
Karena masih sore akhirnya kita keliling Hotel untuk nyari makanan buat jaga-jaga kalo kelaperan nanti malem , kita ke supermarket yang jaraknya lumayan jauh dari Hotel , ya itung-itung  biar tau suasana di Bali kalo malem kaya apa. Mampir ke supermarket gue liat ada 2 orang cewe putih pake celana jeans 1 jengkal lebih 3 cm dr pinggul , pake baju ketekan dan pake topi pantai, doi lagi ngeliat-liat dan baca komposisi mie instan yang dy mau beli , kayanya doi orang Korea deh soalnya gaya bahasanya begitu persis banget kaya drama Korea yang suka gue liat , ngeliat dy berdua pada ngobrol gue kaya lagi nonton drama Korea beneran haha tadinya gue mau sok-sokan bantuin dy milih Mie Instan mana yang enak , mau nguji diri gue sendiri kalo didepan orang asing kata-kata apa yang bisa gue ucapin , gue udah ngebayangin gue mulai percakapan sama doi. “Hmm sorry , can i help you?” “Naneun lamyeon eul sago sip-eundeyo” MATENG GUE!!!!! DY NGOMONG APANNNNN???
Lamunan gue terkecohkan gara-gara si Mba supermartket ini nanya “Ada lagi ka?” | “Enga ,udah ,itu aja , berapa?”
~~~
Balik ke Hotel dengan membawa bungkusan 2 Pop Mie, 2 minuman dingin , 1 snack (benerkan ya bukan snake haha) dan beberapa kantong yang isisnya makan khasnya orang Bali dan beberapa oleh-oleh (beli lagi? Iya gue lupa buat tetangga belom kebagian kwkw).
Hajar lagi makan Mie instan kaya anak kost jauh-jauh ke sini mie lagi mie lagi haha ,ditemenin sama channel Korea bukan SCTV atau RCTI yang biasanya gue tonton dirumah haha au nih orang di TV ngomong apan karena pemainnya ganteng-ganteng sama imut-imut makanya dipantengin ajalah sampe pagi.
Hari terakhir di Bali  hummm cedih deh harus ninggalin tempat ini, pagi ini waktunya kita jalan-jalan menikmati pemandangan sekitar hotel karena pagi ini sampai nanti siang acara bebas , yaa paling acaranya cuma makan , nonton drama Korea, menclak-menclok masuk kamar sebelah (kamar Ana dan Komeng) buat nyolong makan haha.
Jam 11 siang kita udah cakep banget dah tinggal nunggu jemputan abis itu otewe Bandara , sedih deh harus ninggalin Bali gak akan ketemu lagi deh sama bule-bule yang pake baju oblong naek motor pake helm yang kacanya bolong terus gak lupa disamping motornya di cantelin papan seluncur , gak akan nemuin lagi deh cewe Korea yang lagi kebingungan liat komposisi mie Instan , gak akan ketemu lagi sama pemandangan pantai Bali yang luarbiasa bagusnya , ah selamat tinggal Balil saatnya pulang ke Jakarta kita nyari cicis lagi buat liburan tahun depannnnnn...
~~~
Sampai di Bandara kaya biasa lagi kita urus ini itu abis itu nunggu pesawatnya dateng, makan terakhir pas tadi sarapan doang sampe sini ko perut kita udah kelaperan ya? Mau beli makan didalem Bandara mikir sekali-duakali ,uang kas kita juga udah gak ada bahkan minus buat nanti naik taksi dari Bandara Soeta sampe kerumah yaudahlah tahan aja cuma 2 jaman ini dipesawat.
Begitu kedengeran suara si mba-mba dibalik speaker itu yang kedengerannya kaya belum makan duaminggu yang ngasih tau kalo pesawat kita (ceilah) yang kita tumpangin udah siap barulah kita digiring untuk masuk kedalam pesawatnya. Kita duduk misah-misah , Ana posisi paling depan 2 kursi depen gue , dy duduk disebelah pasangan muda yang baru pulang Honeymoon (sial), gue duduk disebelah ibu-dan-bapak yang usianya udah kepala 50-an tapi mereka tetep romantissss  pas pesawatnya lagi naik gue mencuri mata yang gue liat di ibunya panik langsung megang tangan si bapaknya terus bapaknya langsung pegang erat tangan ibunya sambil bilang “gpp tenang aja” huh jadi ngiri dah, sedangkan Komeng dan Peni duduk bersebelahan disamping jendela dan di paling pinggirnya bule cantik gak tau asalnya dari mana...

Samudera diatas awan

Pesawat udah terbang diatas ketinggian 35rb kaki ya kalo gak salah , udah tenang kaya pas naiknya , pramugarinya udah mondar-mandir aja nih nawarin makanan tapi kita gak punya uang rasanya pengen nangis , bahkan sempet gue berfikir untuk ngebuka salah satu oleh-oleh gue buat ngeganjel perut kita tapi pas gue inget-inget lagi kopernya kan udah masuk didalem bagasi zzz.. Yaudahlah tahan-tahanin aja .
~~~
Alhamdulilah nyampe di Bandara Soeta dengan selamat , kuping gue gak konslet kaya pas pertama kali naik. Yuk buru-buru pulanggg gue laper makan bakso kayanya seger nih..
Keluar  dari Bandara banyak banget yang nawarin jasa tumpangan gitu tapi nawarin harganya gak kira-kira yakali dari Bandara Soeta ke Kapuk Cengkareng diminta 300rb etdahh lo pikir kita baru 2 hari di Jakarta bang...
Syukur Alhmdulilah sampai dirumah Ana kita meeting point  dulu sambil makan (bisaan nyari makannya yang gretongan huhh mahasiswa :p) abis ini pulang kerumah masing-masing ya. Besok kerja lagi nyari cicis buat liburan tahun depan. Sampai ketemu di perjalanan gue selanjutnya yang gokil  bin ajaib.. Semoga gak lupa ya sama nasi gorengnya , biaya makan di Bali yang kena pajaknya 20% , kentut diem-diem didalem pesawat pas tereak bau gak ada yang ngaku ,kentutin orang yang  baru pulang sembahyang, baju kotor dicampur sama oleh-oleh, koper ketendang, oleh-oleh ke injek, bule yang ganteng tapi bau ketek haha semuanya ajaib banget  cuma bisa ditemuin di BALI.

Pengeluaraan selama 4D3N
Makan 4D3N                 Rp. 150.000 /org
Sewa Mobil                   Rp. 250.000 /org
Taksi                            Rp. 50.000
Oleh-oleh                      Pribadi, kalo gue sih anggarannya 500rebu ajalah sisahnya buat naek ojek :p
Total pengeluaran diluar oleh-oleh kurang lebih segitcu...                                                         Rp. 2.112.500

Yeah murah, meriah euy kan liburan gue kali ini, gila banget ya dengan pengalaman yang luarbiasa nekatnya gue bisa juga ke Bali sama temen-temen sebaya gue yang mereka pun sama sekali belum pernah ke sana , belum pernah tau kaya apa disana , sama-sama belum pernah naek pesawat dan satu lagi sama-sama gak ada yang pernah berpengalaman ngurus-ngurus embel-embel hotel dan  pada saat dibandara haha , orang gila dasar lu berempat , eh ada guenya juga ya haha gak jadi gila deh.. Babayyy~