Langsung ke konten utama

Backpacker to Mt. Cikuray

Asalamualaikum wr.wb

Baru beberapa bulan yang lalu gue ada trip touring ke daerah Cibodas yang udah gue posting tuh. Yang kisahnya tentang keluh kesah naik ke atas, yang naik ke Curug itu sih anggep aja latihan. Lah yang ini? Beneran naik gunung nih??
Gue pemula buset ,naik yang ke curug aja engap-engapan gak karuan gimana ini?
Ya yang penting niatnya ajalah dulu lah.

Awalnya gue gak minat sama sekali soalnya bulan ini gue juga mau ada trip tapi berhubung ini naik ke gunung ahaa kapan lagi yakan. Banyak juga sih temen-temen gue lainnya yang suka ngajakin mendaki tapi gue gak begitu akrab sama mereka jadinya males aja.

Gue persingkat biar gak pegel nulisnya yah , asal lu pada tau aja nih yaa saat ini gue didepan laptop kantor masih setia disini menjelang malam datang (baca: lembur) , ahh demi ngeblog ini tulisan kayanya gue kekampus bakalan telat nih .

Oke, setelah mengadakan meeting point dan persiapan lainnya alhamdulilah hari yang ditunggu-tunggu akhirnya datang jugameskipun koutanya sisa dikit , tepatnya 2 minggu sebelum pendakian gue (khususnya) dan anak-anak yang lain juga sihmelakukan aktifitas yang lebih diluar hari kerja , yaps olahraga setiap minggu dan lari-lari kecil setiap malam demi menjaga tubuh supaya tetep fit dan siap, tapi emang yaa dasar wanita itu mahkluk paling aneh , katanya pengen langsing tapi disuruh olahraga gak mau alesannya gak ada waktulah , gak sempet lah , ini itu , tapi giliran momentumnya lagi kaya gini nih yang mengharuskan olahraga baru deh alesannya yang keluar dari bibir manisnya adalah  “yaa kan gue harus olahraga buat persiapkan mendaki nanti” pffffff wanita dasar -_-

H-2 gue belum ada senter nih , punya sih tapi gak tau naronya dimana abis mati lampu ditaro sembarangan pas lagi butuh gini dicari ampe puyeng gak ketemu , ntar gue bawa obor juga nih obor olimpiade sekalian biar greget kalo ntar pas naik waktunya gelap itu obor dinyalain sambil nyanyi Shalawatan biar kaya anak-anak dikampung mau berangkat ngaji hahah..

Tepat tanggal 11 Mei gue berulangtahun yang ke 20 , angkanya semakin banyak , semakin banyak juga target demi targetnya harus kelaksana dan tercapai diangka 20 tahun ini , insyallah kalo Allah mengijinkan sih hehe. Target yang pertama yaitu naikgunung , naik pewasat terbang (haha apan sih) , snorkelling foto sama hiu atau ikan-ikan , nonton konser artis luar negeri yang mampir ke Indonesia , traveling keluar pulau Jawa , punya kendaraan hasil keringet sendiri , 1 lagi yang paling penting dan harus dilaksanain SHOLAT 5 WAKTU DIAWAL WAKTU. Bismilah, (Kalo gk ada yang nyemangatin semangatin diri sendiri aja dulu!! kwkwwk)

Tanggal 14 Mei libur Nasional , wah senangnya bisa istirahat dirumah , hari semakin dekat semakin menegangkan haha. Prepare pun dimulai malam ini ,ambil daftar checklist barang-barang yang harus dibawa . Diantaranya :

Perlengkapan

-Keril/daypack

-Tas kecil

-Sleeping bag

-Nesting

-Perlengkapan makan (cangkir ,sendok, etc)

-Kompor

-Jaket tebal

-Sarung tangan

-Celana lapangan/tranning

-Kaos kaki(bawa2 jika perlu)

-Sepatu

-Sendal (pilihan)

-Jas hujan (benda sakral  yg wajib kalo gak dibawa dosa soalnya hukumnya wajib haha)

-Baju ganti

-Plastik kresek

-Trash bag

-Tissue basah & kering

Setelah semua daftarnya udah kecentrang dan udah siap semua ,tinggal besok malamnya jalan~ Yuhuu

Etssss hari Jum’at datang, jangan seneng dulu gue masih ada kerjaan nih yang harus diuberin dan kudu kelar , jam 8 pagi ketemu jam 4 sore mengerjakan semua kerjaan yang ke pending.Sepulang dari kantor seharusnya hari ini ada kuliah sampe jam 9 tapi berhubung gue mau pergi jadi kuliahnya absenin dulu haha (ada tugas tau padahal) :p:x

Ohiya lupa kenalin , ini gue Ida , Ana , Dicky , Aris ,Renal ,Wahyu ,Erik , ka Suci ,ka Luigi , Ira dan Egieki.

Sesuai jadwal yang udah di atur sama tim , kita berdua (Gue dan Ana) dijemput jam 6 sore ke rumah Dicky ,  setelah semuanya kumpul kita berangkat  naik busway tujuan Pluit-Pinang Ranti turun di halte Cawang UKI  transit lagi – naik busway jurusan Kp.Rambutan-Kp.Melayu turun di Kp.Rambutan , harga busway masih sama Rp. 3500 per kepala dari dulu kaga naek kaga turun haha.

Ohiya lupa kenalin , ini gue Ida , Ana , Dicky , Aris ,Renal ,Wahyu ,Erik , ka Suci ,ka Luigi , Ira dan Egieki (<<Mereka ber4 nih pasangan yang lainnya mah jomble) .

Perjalanan naik busway ini berasa banget , udah malah penuh,berdiri , desek-desekan perjalannya masih jauh macet pulabelom lagi kita-kita orang bawa tas yang gede dan berat gak tau isinya apan, kelar idup lu broh. Weleh-weleh belom juga sampe puncak udah ngos-ngosan duluan. Yang ciwi-ciwi cuma gue sama Ana berat tasnya kurang lebih 5-7 kgan lah , kalo yang cowo-cowo 10-15 kg udah kaya ngegendong anak umur 4tahun kalo ngegendong anak kecil mah gampang kalo kita cape tinggal suruh jalan aja sendiri yang ini kepiye?

Gue lupa di halte busway mana gitu ya yang para penumpangnya pada turun bergelombolan ,lumayan ada kusri nganggur yang siap didudukin , basa-basi meremin mata sebentar ya sapa tau pas melek udah sampai diatas puncak haha.

Ini stasiun Kp.Rambutan rame bener, supporter TimNas mah kalah ramenya kaya dimarih , kita sampai sekitar pukul 11waktu Indonesia bagian ngantuk-sengantuk-ngantuknya ,yang keliatan diujung mata gue nih ya orang-orang yang pake kaos lengkap sama celana yang banyak kantongnya dan bawa kerilyang tingginya ngelebihin kepalanya wou.

Disana udah ada temannya Renal yang satu tujuan sama kita. Tiba-tiba kabar burung datang dengan nada yang kurang ngenakin , tiket bus Primajasa yang udah dipegang sama temennya Renal untuk kita berangkat ke Garut tiba-tiba harus dicancel karena nomer urutnya udah lewat dan busnya udah jalan sedangkan posisi pada saat itu rombongan kita belum ada ditempat pada, jadi demi rasa kesetiakawanan temennya Renal pun terpaksa harus nungguin kita , yaiyalah~

Setelah mencari-cari alternatif lain , ketemu lah sama si abang-abang yang menawarkan  mobilnya untuk disewa , setelah nego sana-sini akhirnya berangkatlah kita naik mobil elf satu orang kena 100k . Dianter dari Pool Cililitan sampai terminal Guntur perjalanan kurang lebih menyita waktu 5 jam, perkiraan sampai jam 3 pagi atau jam 4 ( belum macetnya, nyasarnya , ngasonya ,dll). 1 Mobil diisi dengan 13penumpang , 13 daypack dan keril. 2 orang bukan rombongan kita .

Tidur boong-boongan pun dimulai ,berasa lama banget didalem mobil sampai ke tempat tujuan . Terminal Guntur yang subuh itu udah keliatan rame dan sesek . Adzan subuh pun berkumandang kita bergegas  ke musolah yang ada ditengah-tengah pemukimanrumah warga , musolah ini jamaahnya banyak loh udah gitu rata-rata anak muda-mudi semua  yaiyalah soalnya buat sekalian tempat istirahat orang-orang yang pada mau mendaki besok pagi,haha.

Pagi-pagi kita masih dimusolah itu buat sarapan pagi , ngisi perut buat bekal mendaki nanti siang. Pagi ini dinginnya lumayan nusuk tapi gak pake banget sih . Setelah selesai sarapanpagi , kita keluar ,dan udah keliatan banyak banget orang di terminal yang sibuk nyari kendaraan untuk ke Pemancar , termasuk kita-kita . Kita naik angkot warna merah putih warna bendera Indonesia tercinta tahan air beta pusaka abadi nan jaya ,1 orang 45k .

Perjalanan pun dimulai…

Keluar dari musolah jam 6 pagi sampai di pemancar jam 11siang , lo tau broh kenapa bisa sampe ber-jam-jam?

Nyasar ke kampung orang sampe masuk-masuk ke tengahhutan , ada yang bisa bayangin mobil angkot yang diatasnya ada 2 orang yang  ngejagain daypack dan keril yang didalemnya penuh sama manusia, terus lama kelamaan perjalanannya masuk ke dalem hutan yang semakin masuk ke dalem semakin gak ada jalanan dan semakin kecil jalanannya, belum lagi lumpur dan jalanan yang menanjak dan menurun ,gak ada lahan untuk belokin ini mobil yaudah akhirnya mundur-mundur cantik dah .Danger banget hutan dimasukin angkot udah gitu judulnya nyasar lagi, haha
Si tukang angkotnya gak tau jalan , udah keluar dari perkampungan yang itu masih gak tau jalan ke Pemancar , gue sampe heran jangan-jangan ini orang bukan orang sini lagi , tadimah KTPnya tahan dulu, begini caranya buang-buang waktu dengan percuma tau gitu tadimah tidur dulu dimna gitu.
Mogok haduh cobaan apa lagi ini , pas udah ketemu gang perkampungannya kita menyelusuri pemukiman penduduk , sepanjang jalan di kasih liat kebun teh yang dikelola sama masyarakat setempat ,perkebunan sepanjang dan seluas ini kayanya punya pemerintah setempat deh , gue gak  nyangka masuk gang sepetak gitu didalemmnya ternyata menyimpan keindahan yang subannallah kaya gini  pemandangannya itu ya dari ujung ke ujung ijo semuaa . Wetss ini belum bagian dari mogok , kita sampai di Pos Pemantau untuk mendaftarkan diri dikenakan biaya seikhlasnya. Jarak pandang dari Pos Pemantau ke atas bukit Pemancar keliatannya deket banget , tuh diatas , pas di lalui naek angkot merah putih ini masyallah kaga sampe-sampe , belum lagi tanjakannya dan jalanan yang berlubang dan berkerikil , sampe akhirnya si angkot merah putih (sebut saja seperti itu) ia kelelahan karena memikul keril dan daypack yang berat-berat haha belom lagi orang-orang yang ada didalemnya haha mogok dan ngambek gak mau jalan kzl kzl kzl mana Pemancarnya masih jauh lagi diatas masih harus ngelewatin tikungan yang nanjak omegottt,gue yakin seyakin yakinan pulang dari sini biaya servis ini angkot bisa ngelebihin ongkos 1 orang dikali 16 haha.

Nih dy broh angkotnya, bakalan gue ingetin terus dah tenang ajahhh.. Ckck

Huh sampai dengan keadaan lelah bercucurkan keringat , untung ya di Pemancar ada warung , jadi kita masih bisa ngerasain minum es diatas sini hihi. Istirahat sebentar abis itu kita bergegas naik ,seperti biasa kita ke Pos  untuk mendaftarkan  nama pendaki , kita naik sekitar jam 11 siang.

Bentar broh mampir ke warung dulu yak

Petualangan pun dimulai..

Foto dulu biar afdol

Melewati perkebunan teh yang cukup panjang kalo diliat dari bawah hehe , baru juga naik pernafasan gue udah mulai gak stabil , ngosngosan breh. Bawa daypack yang isinya batu kali ,pake sepatu  gunung yang kegedean , pake baju yang tebel , hmm kayanya itu semua yang bikin gue cepet ngos-ngosan *pls gk ada hubungannya* -__-

Pemandangan yang menyenangkan ketemu sama Pos 1 , setelah melakukan pendakian singkat di perkebunan teh tadi ada warung diatas sini , ah ini nyenengin banget , pesen yang dingin-dingin ah , semoga aja  setiap Pos ada warungnya yah (pengennya gue itumah).Selesai menyegarkan tenggorokan pendakian pun dilanjutkan , hmm rasanya males banget gue ngeliat keatas dan harus melewati gurun tanah yang debunya masyallah , tapi harus dilalui huhhhhhffff..

Oemjid gue sampe batuk-batuk saking ngebulnya .

Kita memasuki area hutan .

Bismillah…

Madu dan coklat selalu tersedia dikantong celana dan kantong tas gue,sepanjang pendakian ngunyah muluuuuu bahahaha..

Orang-orang yang mulai pendakian lebih awal udah ada diatastuh , keliatan nih dari bawah sini haha jalanan itu juga yang nantinya akan kita lewatin . Ditengan perjalanan kita berenti cukup lama buat makan siang , jangan tanya nasi dari mana , didalem hutan kaga ada warung. Sebelum ke Pemancar tadi pagi kita sempet beli nasi diwarung tempat kita makan untuk sarapan tadi , kesimpulannya adalah nasi yang mau kita makan ini adalah nasi dari tadi pagi yang udah dibawa nyasar dan mendaki haha, tuh pengorbanan cuma buat perut tapi gue gak makan banyak sekenanya, abisan gak enak yang bikin asal-asalan nih.

Pendakian dimulai lagi , ternyata banyak banget loh yang ngedaki hari ini , sampe setiap kita berenti ada rombongan laen yang lewat dan selalu mengucap hal yang sama “Semanggat kang,dikit lagi sampe!!” atau “Nuhun ,duluan kang” atau “Mangga kang” , mau mangga kek mau jeruk kek mau timun sekalian bodoamat gue capeeeeee!!!! Istirahatnya 5 menit ,jalannya mah palingan cuma 3 detik , loh 3 menit haha. Tiap salah satu diantara kita udah ngerasa capek dan engap semuanyaistirahat , yaudah gue ya ngomong cape mulu haha biar istirahat terus :p.

“Woy Pos 2 mana sih kaga sampe-sampe ini hadeh -__- ucapan terhoror yang pernah gue denger dan gue alami sendiri setelah ngedaki sekian lama dan sekian jauhnya belum juga sampe , masyallah , pengen nangis Pos 2 aja belom ketemu sedangkan untuk sampai ke puncaknya itu kita harus ngelewatin sampe Pos 7 , gak usah dibayangin sejauh mana dan sebagaimana perjuangannya ntar lo cape lagiL.

“GUE BENER-BENER PASRAH , CAPE BANGET , TAS GUE BERAT GUE GAK KUAT , GUE ENGAP , GUE MAU PULANG , BODOAMAT GAK SAMPE ATAS YANG PENTING UDAH PERNAH MENDAKI , AAA BALING-BALING BAMBUUUUUU TOLONG OE” (ini suara hati)

Kalo lo ada disitu mungkin lo bisa denger suara hati gue tuh yang udah menjerit-jerit kelelahan , sampe akhirnya ada Aris yang ngedenger haha tas gue dibawain dy , padahal dy sendiri udah bawa keril yang isinya lupa apan kayanya sih tenda dan perlengkapanan lainnya , dari pada yang lain denger gue ngedumel mulu yakan haha ,jadi gue cuma bawa tongkat , bawa diri , sama bawa tas kecil punya Aris XD:D:D:D:D

Hari semakin siang sampe dzuhur kelewat x_x

Pejalanan yang cukup panjang kurang lebih ditempuh waktu 2 sampai 3 jam untuk sampe di Pos 2

dengan perasaan gembira dan semangat pas ngeliat tulisan dipapan kecil itu yang ngasih tau kita disuruh hati2 broh , tandanya bahwa Pos 2 sebentar lagi akan kita lewati sesuai dugaan gue gak ada warung di Pos ini , cuma ada lahan sedikit yang kalo diliat-liat cuma cukup untuk 1 tenda , kita kembali naik pelan-pelan dan penuh dengan kehati-hatian karena track di Pos 2 menuju Pos 3 ini cukup serem , dari yang tadi Pos 1 ke Pos 2 kita melalui banyak tanjakan sekarang lebih dari tanjakan , sampe harus ngustrut ke tanah loh buat naiknya , kuku gue sampe pada item tau gara-gara megang batang pohon (lah?bisa gitu?| Gak tau,kenyataannya emang pada item-item sih| sepik aja,pas naik mungkin udh begitu kali | enak aja.)

Nih kalo gak percaya sama track yang gue bilang , bisa diliat dan dibuktikan sendiri :D  wakwak

Itu belum seberapa :p

Eakkkkkk

Hari semakin sore memakasa kita untuk nguber waktu bikin tenda , ashar kebablasan x_x , posisi kita masih di setengah jalan Pos 2 , yaudah akhirnya tim memutuskan untuk kita bermalam di Pos 3 aja , ya meskipun masih jauh dari puncak tapi tubuh ini harus dikasih haknya. Jam 4 sore masih ada dibawah , Pos 3 pun kayanya belum keliatan deh , belum lagi tracknya makin susah , harus beridiri tegak dan nyender ke pohon untuk merambat naik , sekarang gue suruh lo banyangin ..

Kekuatan penuh ada di paha , kaki ,tangan ,jari , leher , sisahnya menyusul.

Mereka tepar , mungkin tubuhnya butuh vitamin c

Bagi pendaki jalanan datar itu bonus , selebihnya engap-engapan dah belom lagi kalo tracknya susah kaya gini hadeh hayati gak kuat bang:(

Bobo siang selesai , kita kembali mendaki menuju Pos 3 , udah keliatan tuh diatas , iya diatas tapi kita dapet tantangan  harus ngelewatin batu gede ini huha semangatch..

Kita ini rombongan PECEL LELE (  Pendaki cepet lelah letih lemes ) wkwk

Sampai di Pos 3 dengan jantung yang berdetak kenceng , disini udah banyak banget tenda , kita aja nih yaa dapet lahan dijalan haha , orang-orang yang mau jalan suruh minggiran dikit karena ada tenda kita yang ngalangin , ya abis mau gimana lagi orang udah sesek , mau dilanjut ke Pos 4 keburu malem ,kasian badannya.

Ini kontrakannya udh penuh broh kwkw

Kita mendikirkan 3 tenda , 1 tenda diisi sama  gue dan Ana hmm kemungkinan bakalan ada 1 cowo untuk ngejagain , tenda 1 lagi diisi sama ka Luigi ,ka Suci ,Ira dan Egieki , sisa 1 tenda lagi diisi sama cowo-cowo .

Bikin tenda selesai , masuk ke tendanya masing-masing , alhamdulilah yah bisa istirahat. Magrib lewat lagi aja x_x

Sumpah ya hari ini sampe besok bener-bener dan gak ada yang ngejalanin shalat , ya abis gimana gak ada air ,buat minum aja di irit-irit soalnya kan kita masih di sini sampe besok turun , mau tayamum tapi…. Ah beginilah resikonya naik gunung mau ngapa-ngapain yang berhubungan sama air pasti di bikin susah ,termasuk kalo pengen pipis gak perlu gue jelasin lah..

Tapi ngomong-ngomong soal pipis gue jadi inget kejadian menegangkan yang terjadi disana hehe begini ceritanya..

Abis magrib kita semua makan malam ,makannya orang Indonesia banget , mie rebus. Pokoknya you know me so well Indomei I need you Indomie I heart you ckckck .

Ini sih sebenernya murni karena alam tapi karena tempat dan waktunya tepat aja makanya bisa dibilang horor haha

Sekitar jam 7 malam cowo-cowo lagi pada bikin makanan , sedangkan yang cewe-cewe kita ber4 (Gue, Ana , ka Suci dan Ira) selesai makan malam , kita ber4 didalam tenda yang sama untuk makan malam soalnya tenda gue sama Ana masih berantakan , selesai makan gue pengen pipis , kondisinya udah malem dan lo tau sendiri gak ada lampu didalem hutan begini ,penerangannya alakadarnya aja cuma pakai senter , bergegegas lah gue dan ka Suci turun ke kebawah untuk cari tempat yang aman buat pipis , dapet tempatnya diPos 3 juga Cuma agak ke bawah dikit , dikeliligi sama pohon gede-gede dan pohon gede-gede haha dan kitapun segera melaksanakan pipisnya gantian dengan rasa takut (takut ada yang ngintip) haha udah malem juga sih kaga bakalan tau kalo di bawah sini ada orang ahahagak lupa baca doa dan numpang-numpang . Selesai itu kita semua istirahat,kecuali cowo-cowo.

Pas balik ,tenda gue udah selesai di beresin hihi enaknya . Suhu cuaca malam ini didalam hutan sekitar 18 – 20 derajat c ,mesikpun gue gak ada alat ukur suhu tapi kulit gue bisa langsung ngerasain kalo ditempat ini makin malem makin nusuk dinginnya. Ya belum lagi kita udah ada di berapa ratus meter diatas permukaan laut , semakin deket sama langit ya semakin dingin , begitu sih katanya.

Jauh2 kesini makanya mie lagi aja, katanya mah biar anget gitcuh kwkw

Cowo-cowo masih pada sibuk bikin makanan yang 2 orang pasangan itu udah masuk tenda duluan,  berhubung nesting dan logistic adanya ditenda gue jadinya mereka ngerusuh didepan tenda pada main masak-masakan , berhubung gue cape dan kayanya badan gue udah minta haknya jadi jam 8an gue udah tidur duluan (terserah itu orang-orang didepan tenda gue mau ngerusuh kaya gimana intinya gue mau merem).

Sumpek amat tenda gue fufuf

Minum tolak angin dulu ya , biar gak masuk angin , kan orang pintar minumnya tolak angin , tolak miskin ada  gak sih?? Bagi dong hehe

Pake jaket lalu masuk ke dalem sleepingbag

Sedangkan yang lain lagi sibuk main masak-masakan gue udah tepar duluan ..

Tik Tok Tik Tok … (begitulah bunyinya)

Sekitar jam 9 malam pas semuanya udah selesai makan dan udah masuk ke dalam tendanya masing-masing tiba-tiba guemengigil , suhu badan gue cepet banget naik saking ke dinginannya pake banget , dan Ana berhasil bangun berkat suara gigilan gue , dy ngebuka jaketnya lalu di pakein ke gue , didalem tenda cuma ada gue  ,Ana dan Wahyu , pada saat itu mungkin Ana kebingungan harus ngapain , Wahyu yang dari tadi di bangunin Cuma bisa ngulet-ngulet matanya masih siwer-siwer …

“Daaa…. Lu kenapa???”

“Shhhhhhhhhh……..ding i nnnnnn”

“Way … Wayyy bangunnn!! Panggil anak-anakkkk …”

“Hahhh?? O YA IYA IYA”

Sekitar 10 menitan akhirnya Wahyu dateng sama Dicky ,ternyata doi nyasar eh bukan nyasar deng tapi dy lupa dimana letak tenda teamnya yang lain haha pantesan lama beut , emang sih pada saat itu semua orang di Pos 2 udah pada masuk ke dalem tenda jadi susah juga ngebedaain mana tenda si A ,B,C karena gak ada lampu jadi patokannya cuma letak sama warna tendanya aja. (kenapa gue tahu hayo?org gue setengah sadar sih :p)

Gak ngerti pada saat itu gue kenapa tbtb bisa menggigil kedinginan , gue jadi parno sendiri gar-gara tadi abis magrib pipis di bawah situ langsung deh mikirnya horror ajeh , tapi emang beneran sih gue ketakutan sendiri ngebayangin ada sesuatu yang nonggol dideket pohon besar itu , wauuu serem..

Setelah beberapa menit Ana ngebujuk gue untuk bangun dalam keadaan menggigil itu akhirnya gue bangun udah pake jaket berapa lapis aje nih dipakeein sama Ana , pake 2 sleeping bagpula tapi masih aja kedingingan .Di keadaan was-was itu guedikasih air yang cukup panas banget dimasakin sama Wahyu dalam keadaan panik dan semua orang udah pada masuk kedalam tendanya masing-masing untuk istirahat ,sebagian airnya untuk buat teh manis dan sisanya airnya di taro di dalem botol air minum gue ,diisi air panas yang dimasak pake nesting,nestingnya itu bekas masak indomie dan coba lo bayangin rasanya air anta panas rasa kuah indomie kaya gimana ??? Karena situasinya lagi gak memungkinkan untuk gue complain dan ngoceh-ngoceh makanya gue minum-minum aja dah pas udah berhasil melek sedikit demi sedikit gue dengan sadarnya langsung ngoceh “ Ini air apan sih? Kok rasanya begini banget?”#GUBRAK

Pas gue udah sadar dan gue langsung nangis , gak tau kenapa bawaanya takut banget , terus gue teriak merintih…

“Gue tak kuut.. takuutt” | “Takut kenapa?? Ceritaa…” | “ Guetakut , tadi gue pipis disitu ,kaya ada yang nyamperin gue … GUE TAKUT” nangisnya malah makin kejer ..

Karena sepertinya Wahyu diragukan untuk ngejagain kita ciwi-ciwi akhirnya Dicky yang gantian tuker posisi untuk ngejagain kita ciwi-ciwi .Akhirnya gue pindah posisi jadi tidur di tengah , Ana samping kanan gue , Dicky samping kiri gue setelah keadaan gue udah cukup stabil gue tidur lagi (dan masih dalam keadaan mengigil) . Gue pun terus istiqfar didalem hati sampe gue bener-bener tidur ,di jam-jam tengah malam gue kembali beraksi lagi , tapi kali ini gue kepanasan , gue bangun dan sampe duduk loh terus gue buka semua jaket dan 1 sleeping bag yang nempel di badan gue , gue lanjut tidur lagi dan demam mengigilnya pindah ke sebelah kiri haha.

Sekitar jam 3an mereka semua udah janjian untuk naik ke puncak, gue masih dalam keadaan tubuh yang labil kadang ke dinginan kadang kepanasan ,gue gak mau ambil resiko untuk ikut naik sama mereka takut aja tiba-tiba dijalan pingsan siapa yang mau angkatin haha jadi lebih baik gue gak usah ikut naik daripada nantinya ngerepotin semuanya , dan anak-anak yang lain udah siap-siap bergegas sedangkan gue masih terkapar didalem sleeping bag , sampe mereka juga bingung mau ninggalin gue sendiri atau gimana ,  mungkin keputusan yang sulit , tapi akhirnya ada yang merelakan untuk gak ikut naik , dan tetep ditenda untuk ngejagain temennya yang lagi sakit , kalo orangnya baca udah senyam-senyum sendiri nih wkwkwkw.

Jam 5 atau jam 6 pagi gitu gue lupa ,  gue bangun dengan keadaan cukup membaik dibanding semalem , masih dalam keadaan pusing dan kepala gue berat . Lalu tiba-tiba gue laper ,Aris yang ngejagain gue bergegas bikinin makanan tapi dy bingung gimana cara nyalahin kompornya haha. Yaudahlah makan roti aja abis itu minum obat sakit kepala biar sakitnya ilang sama kepala-kepalanya sekalian haha.

“Ris gue pusing” | “Yaudah tidur” | “Ris gue laper” | “Yaudah makan yang ada” | “Ris anak-anak lama banget sih” | “Yaudah tungguin” | “……………….”

Setelah nunggu lama akhirnya mereka pun turun dengan selamat sekitar jam 10 pagi , wah enak banget udah sampe atas ,bikin gue ngiri ajahhhh fufufufufufuf…

Gue dikasih liat foto-foto mereka diatas puncak Gunung Cikuray , ah rasanya beban cape dari bawah sampe bisa naik keatas itu bakalan terbayarkan dengan panorama yang SubhanaAllahbagusnya …

Ini fotonya aseli loh bukan boleh ngambil di gugel :p

Anggep aja ada gue disitu :p

Tuhkan ada gue meskipun cuma numpang namanya doang:p

Ciyeeeeee udah sampe nih yee:p

Ternyata kontrakan diatas juga udah penuh broh haha

Jam 11 siang kita beres-beres untuk turun ,gak lupa bawa turun lagi kertas, botol-botal airminum dan sampah-sampah lainnya ,rapihin tenda , masuk-masukin semuanya ke dalem tasnya masing-masing, tapi sebelum turun kita main masak-masakan dulu , masak makanan untuk bekel turun ke bawah , dan masak nasi yang rasanya masih rasa beras , aduhhh begitulah rasanya dinikmatin ajayahhh…

Jiahhhh kenape timenya ngaco begini dah? Haha ini ceritanya lagi pada masak broh buat bekel

Wetsss udah sehat nih ceritanya, btw itu yang kaya koyo dideket mata gue bukan karena puyeng ya, guekan ceritanya ikutan masak nih, eh tapi baru ronde pertama masak udah kecipratan minyak panas , huha sakit ..

Jam 1siang kita turun (seinget gue sih jam segitu) dengan badan yang udah seger ,kepala yang udah ilang pusingnya ,rasanya mengigil yang semalem itu ilang dalam sekejap dan rasanya juga pengen lari dari atas sampe ke bawah sana kalo bisa guling ngeguling deh gue haha.

Dengan perasaan yang jauh lebih semangat gue telusurin itu turunan dengan riang gembira dan gak ada ekspresi muka cape ataupun ngos-ngosan kaya pas naiknya haha.

Cape katanya

Bocan bentara

Gak banyak cerita pas turun cuma beberapa kali kita kecapean dan istirahat , ngabisinn sisa stock airminum yang kita punya buat ngurangin beban kita,  soalnya kita kepisah jauh sama geng yang satunya lagi haha geng yang itu mah turunnya terbang kali bisa sampe cepet banget gak keliatan batang idungnya. Kita masih jauh dibelakang , belum lagi Ana sampe beberapa kali jatoh pas turun , mungkin gak liat ada sesuatu di bawahnya sampe akhirnya keplrakak (ya begitulah bahasanya) ,eh tasnya di bawaain Dicky deh ,ciye.

Pas gue ketemu sama papan yang tulisannya POS 2 wiuhhh , senengnya bukan main , tandanya POS 1 sebentar lagi kita datengan , dan itu artinya kita bisa cepet-cepet ketemu warungg…. Yeahhhhhh Es Nutrisari udah nungguin gue dibawah sanaaaaa..

Ciye yang tasnya dibawain ,uhuk :D

Ini udh mau deket Pos 1, kabutnya tebel ,kalo aja ada sepeda bmx udah gelinding2 gue kwkw

Ini di pas kita udh keluar dari hutan

Padahal kita udh disini , dan yang gue tunjuk itu Pos pemancar tapi udah turun ,turun ,turun , belom sampe2 juga, ucetttdah.

Hasilnya adalahhhhhh : celana traning gue robek , sepatu gue soek dikit .

Jam 5an lah kalo gak salah kita sampe di pos 1 , aduh itu Es situ manggil-manggil nama gue…

Tuh geng yang 1 lagi udah tidur-tiduran dibawah lumayan dapet bonus tidur pas nungguin kita sampe bawah..

Perkenalkan ini dy muka lelah ,letih kitaaaa :uhuk

Ciye selpi selpi

Melewati kebun teh yang hijau hijauuu , pucuk pucuk pucukkk

Sampai ....

Abis magrib kita sampai di Pos Pemancar , nyari mobil losbak yang kosong ,udah malah gerimis menundang , huhhhf kasian yang pada masih diatas keujanan , dibawah sini abis margrib aja dinginnya udah nusuk apakabar sama diatas sana…

Gak lama nunggu akhirnya kita dapet mobil , 1 org kena 45rb dari Pemancar sampai ke Terminal . Alhamdulilah ajah gue sama Ana dapet duduk didepan jadi gak keujanan deh ,dibelakang anak-anak yang lain ditutupin pake terpal jadi gak keujanan juga deh..

Pas gue liat ada flashdisk yang lagi ngolok di mp3 mobilnya siakang  ini langsung lah gue request lagu-lagu masa kini haha

Mobil mulai berjalan , melewati turunan dan perkebunan teh yang kalo malem lebih keliatan kaya gelap , haha apan sih.

“Adanya cuma lagunya UNGU neng , mau emang?”

“Yaudah sok mang , setel aja mau UNGU apa kek setel ajalah biar ada hiburan”

“Iya neng , wah ini naik pada jam berapa ? Jam segini udah turuh?”

“Kemarin mang , jam 11 siang”

“Oh begitu , lagi pada liburan yaa? Tanggal merah banyak pisan yang pada naik”

“Iya mang , liburannya karwayan ada tanggalan merah langsung aja di hajar mau kemana gitu”

Hahaha kita ketawa ber3 gak tau ngetawain apan.

“Mang mang …  Di sini pernah ada kejadian yang aneh-aneh gak?”

“Atuh pernah lah neng , namanya juga Alam”

Sambil doi cerita sambil gue liat kanan-kiri yang sepi dan rasanya perjalanan dari pemancar sampe ke bawah itu lama banget..

“Jadi dulunya neng , disini ada yang mendaki beberapa orng gitu ya mamang lupa , pas dy mau turun pokoknya mah dy itu ketua regunya yah , nah dy cari jalur biar lebih cepet atau gimana gitu ya , intinya dy kesesat , padahalmah temen-temennya udah turun sesuai jalur umum kaya biasanya , nah kirain temennya itu dy udah turun duluan , dulu juga kan pendataan tuh jadi yaudah temen-temennya mah pada turun semua , nah setelah 1 minggu kemudian orangtuanya nyariin , katanya mah kemana anaknya belum sampai-sampai juga , temen-temennya juga gak tau kalo ternyata dy belum turun juga , akhirnya warga sini yang nyariin dy , dicari tuh ke plosok-plosok hutan gitu , pokoknya warga sini mah udah apal gitu ya , eh ketemu neng di pinggiran deket kebun teh itu , jalurnya jauh ke mana-mana dari jalur umum”

“Teruss mang keadaannya gimana?”

“Ya atuh udah tiada lah , orang udah 1 minggu , eneng coba bayangin 1 minggu gak ada minum gak ada makanan gimana”

Gak mau ngebayangin lah mang”

Sepanjang perjalanan yang jauh itu kita masih diarea perkebunan teh ,si mamang ini pun meneruskan ceritanya sambil duduk anteng nyetir mobil losbak dengan tenangnya ,gak lupa ditemenin sama lagu UNGU ..

“Waktu kapan gitu ya neng saya pernah ada angkut penumpang dari terminal mau ke Pemancar , eh pas di jalan sini nih tiba-tiba itu mobil saya mogok , padahal mah saya cum angkut 4 penumpang aja ,saya didepan sendiri , mereka di belakang berempat , udah gitu ya itu tanjakan mah biasanya saya bisa naikin , gak susah-susah banget tanjakannya , tapi heran itu susah banget naik , sampe penumpang saya pada ikut ngedorong neng , tapi gak bisa-bisa , akhirnya saya tanya sama mereka “kalian ada bawa apa?” | “ gak bawa apa-apa mang, kenapa emangnya mang? “ | “Ya gpp” | “kita cuma bawa peralatan mendaki sama bawa ayam mentah kang buat dibakar diatas” | “Hmm.. pantes yaudah” | “kenapa kang?” | “gpp gpp”  terusnya neng yaudah saya cuma berdoa aja sama Allah supaya Allah lindungi dan ngejauhin dari yang kaya gitu-gituan lah”

“Malem kang?”

“Iya..”

Ucetttttttt , terus akhirnya kang?”

“Yaudah setelah baca doa akhirnya bisa naik dengan lancer lah..”

“Apa hubungannya kang sama ayam mentah? Lagian kerajinan amat naik gunung pake segala bawa ayam mentah , mau bikin restoran kali diatas”

“Gaktau itu pendakinya”

Masih di jalan yang sama yang banyak kebun tehnya , kalo lu mikir kenapa lama banget gak sampe-sampe diterminal jawabanya karena kebunnya itu luas buanget , karena udah si mamangnya udah gak ada cerita yang negangin jadinya gue tidur ajalah..

Jam 8an lah kita sampai di terminal Guntur , langsung nyari makannnnn…

Alhamdulilah banget udah turun ke bawah , huh kalo liat yang kemarin siang itu mendaki rasanya , ahh gitulah pokoknya..

Selesai makan kita lest go ke kampung halaman di Jakarta , naik bis jurusan kp. Rambutan sampai di sana sekitar jam 2pagi nyari angkutan umum yang masih keluyuran gini hari , eh dapet juga angkutan antar kota gitu dari arah mana ke mana gitu gue lupa mulu , padahal kata si abangnya nih ya “tenang aja neng ini mobilnya ampe Kalideres ko tenang aja” , eh kenyataannya kentut bau udah gak heran juga sih sama supir-supir kaya begitu , kita di turunin di Grogol , makasih banyak loh bang!

Hari ini udah hari senin , sesuatu banget jam segini masih keluyuran nyari taksi yang lewat ..

Yang cowo pulang naik angkot dari Grogol yang ciwi-ciwi (Gue dan Ana) pulang juga dengan meneruskan perjalanan ke rumahAna .

Jam 3 pagi kita sampai dengan selamat , dengan keadaan utuh semuanya , pulang dengan membawa sejuta cerita dan foto-fotopanorama di alam Indonesia yang keren bingit , pulang dengan keceriaan dan rasa syukur karena Allah telah memperlihatkan indahnya alam Indonesia kepada gue  yang keren itu ahh pokoknya gitulah liat aja sendiri.

Mendaki itu bukan sekedar kaki dan naik , tapi mendaki itu sebuah perjalanan yang didalam pendakian tersebut ada rasa lelah , cukup dengan semua ini , senang , tawa , marah , sedih , terluka , jatuh , bahkan selesai .   Mendaki sama seperti perjalanan hidup , tujuanannya sama , yaitu Puncak yaitu Kesuksesan. Pendakian yang panjang dan lelah akan menghantarkan pada Puncak yang tinggi sesuai dengan kemampuan dipendakinya , ketika kaki ini dirasa tak mampu untuk melangkah lagi ,ingatlah akan perjalanan yang sudah dilalui , Allah sudah mentakdirkan puncak tertinggi masing-masing manusia , begitu pula dengan kisah-kisahnya untuk mendapatkan puncak tersebut ,ketika sebuah kesuksesan sudah di dapatkan manusia terkadang lupa akan perjalanaan menuju puncaknya , sebuah kerja keras dan usaha yang tidak ada hentinya seolah tak pernah terasa , mungkin karena kesuksesan itu sifatnya nyata , jika puncak itu telah di dapatkan sekarang saatnya untuk mempertahankannya ,jika seandainya puncak itu dirasa tak kunjung didapatkan mungkin sabar dan tawaqal adalah kuncinya ,jika seadainya sudah berada di puncak namun harus terpaksa turun itu artinya Allah menegormu dengan halus , turunlah jika memang harus turun , karena di bawah sana masih banyak orang-orang yang dengan setia menunggumu , orang-orang yang pernah mendaki bersamamu , simpanlah kenanganmu ketika berada di puncak sana , seandainya bisa kembali lagi maka bersyukurlah karena Allah masih percaya denganmu.

*Taraaaaaaa*

Gue udah sampai di kantor nih dengan keadaaan mata panda ,kaki pegelnya gak kira-kira , punggung sakitnya bukan main , ah liburan selalu seperti ini , tapi gue sukaaaaaaaa.

Dadah sampai ketemu dan baca perjalan gue selanjutnyaaaaa...

Watch "Hiking ke Gunung Cikuray, 15-17 Mei 2015" on YouTube - https://youtu.be/3PMLAuOBTZ8