Langsung ke konten utama

Trip To Jogja ala Backpacker Traveling

Hallo Gaess
Asalamualaikum wr.wb

Apakabar para pembaca setia blog gue?
Kali ini gue mau sharing tentang Trip To Jogja Backpacker Traveling ala chef ida haha

Pagi itu gue liat tanggalan untuk 3bulan kedepan , dan dapet tuh tanggal bagus 25 Oktober jatuh pada hari sabtu , aduhh kapan lagi yaa hari sabtu itu gue libur ..
Langsung deh buru-buru BBM-in anak-anak (bukan anak gue) untuk ngajakin berkeliling kota pada tanggal segitu .. BBM kita berakhir pada destination ke Pulau Pari di Kepulauan Seribu yang katanya lebih asri di banding Tidung , buuuuuuuuuut before we go to tidung orang-orang juga bilang hal yang sama kalo Tidung itu masih asri bahhhh nyatanya … Rame benget gais .. Monggoh di visit kalo gak percaya..

Nah ternyata di hari yang sama juga nih temen kantor sekaligus temen dikampus si nene (Tika) ngajakin ke Jogja dengan tanggal yang sama  , oke fix langsung gue iyain kasih fotocopi ktp hari itu juga tiket PP sudah di tangan ..
Dengan berat hati gue ngelepasin destination gue sama anak-anak ke Pulau Pari , huuum L . Padahal sih yaa kampung gue gak jauh-jauh banget sama Jogja perjalanan kereta sekitar 3 sampai 4 jaman gitu ,tapi yaa gue gak pernah berani kesana sendirian takut dibilang jomblo ..

Di trip gue kali ini bakalan beda banget sama trip gue yang sebelumnya gaes ,kalo belum baca bisa ditengok gih .. Kalo biasanya traveling pake jasa travel atau nyarinya dapet refrensi orang kali ini semuanya udh ada yang ngatur nih tinggal jalan aja but tetep ala-ala backpacker ..

Perjalanan dimulai hari ini Jumat , 24 Oktober 2014 pulang kerja gue masih kuliah sampe jam 9 malam sebenernya males kuliah tapi apadaya kuis memaksa untuk masuk , pagi-pagi buta udah packing kekantor bawa tas gede banget haha niat banget ini namanya..

Pulang kuliah langsung kerumah nene nginep disana barengan sama alfi ,mana gue insom lagi besok harus bangun jam 3 pagi haduh harus meremm .. Sampe pas bener-bener pules merem dan gue ngerasa enak banget tidurnya mala mini tautau di bangunin disuruh mandi -__- woi buset..

Jam /4 pagi kita ber 5 konfoi naik motor ontheway apartemen pak lutfi disana udah ada yang pada nunggu . Pagi itu menceng-cengkareng masih sepi ..

Kumpul kita sekitar 17orangan langsung menuju Stasiun Pasar Senen dengan menaiki minibus sewaan . Sempet ada trouble juga nih , salah satu diantara kita ada yang gak bawa ktp chekin tiket harus dicocokin sama ktpnya . Entah yang ada dibayangan gue kalo telat kita semua gagal liburan deh ..
Tapi itu semua berjalan dengan selesai , ktp dipegang langsung ngebut gak pake rem .. 20menit sebelum kereta berangkat kita baru sampe ,mana jauh banget lagi tempat chekin-nya akhirnya ada adegan lari-lari deh .. Pagi yang istimewah -__-

Fiuhhh..
Naro tas dan selonjoran..
Sampai si mas-mas yang seragam itu niup pluit ..
Keberangkatan jam 05:30 dari stasiun Senen menuju Kotoarjo tiba jam 13:31 (ditiketnya sih gitu ,semoga gak delay) Harga tiket kelas Ekonomi Rp. 40rb

Selama perjalanan kurang lebih 8jam gue abisin dengan tidur , makan , ke kamar mandi , ketawa-ketiwi ,streaming ,main kartu ( ngeliatin doang sih soalnya gue gak ngerti cara mainnya) , terus makan lagi , ke kamar mandi lagi , tidur lagi , ehh kebangun lagi .. Sampe bingung 8jam itu mau gue abisin kaya gimana rasanya gak nyampe-nyampeeee..

Selamat pagi penumpang kereta api , jugijak gijuk gijak gijukk

Huhft akhirnya yah kita sampai di Stasiun Kutoarjo jam setengah 2 (ternyata gak delay pemirsah) untuk transit dan nunggu sampai kereta jurusan Lempuyangan berangkat jam 17:25 dari Kutoarjo tiba jam 18:39 . Lagi-lagi gue bingung mau ngabisin waktu 4jam ngapain lagi di kampung orang haha . Akhirnya kita jalan-jalan sekitar Stasiun Kutoarjo ,mampir makan baso . Harga 1porsi baso disini sama kaya di Jakarta , bedanya di sini lebih arsi ajasih …

Hallo selamat ciyaaang Kutoarjo , kita mumpang cepret yaaaa

Selesai makan mampir musolah kita yang muslim solat Asar berjamaah dilanjut mengqhodo solat Dzuhur yang kebablasan ..

Gak kucel-kucel amatlah abis solat mah kwkw

Kita prepare untuk naik ketera klr , begitu keretanya dateng lansung buru-buru naik ..
Geserr..geserr…geserrrr…. *geser manja*
Soalnya di tiketnya ada tulisan gede bgt “NO KURSI : TANPA TEMPAT DUDUK” intinya siapa cepat dy dapat! Kan luamayan tuh 2jaman duduk manis ..Harga tiket terusan krl ini Rp.6rb (murah yaa , coba kalo jalan ampe beduk subuh kali baru sampe)

Suasana di dalem kereta KRL yang abis geser-geser manjaa

Nah disini gue dapet cobaan nih , pas lagi nunggu kereta di Stasiun Kutoarjo badan gue udh mulai gak enak karena disini anginnya gede bingit dan gak tau sumeng tiba-tiba datang.. Belum lagi pas naik kereta krl ini acnya ngebut bgt diatas kepala gue haduhh makin sumeng .. Belum juga nginjek tanah Jogja masa udh sakit ajasih .. Pas didalem kereta ada ibu-ibu yang nawarin semua makannya ke gue karna dy liat gue pucet dijejelin tolak angina , obat pusing , air minum .. Etdah ini ibu-ibu tukang cangcingmen kali yak? Tapi gue tolak gaes gue inget pesen nyokap “kalo dijalan gak kenal sama orang jangan mau terima apa-apa soalnya udah banyak modusnya” (seharusnya nyokap ngasih tau ini sama ade gue yang masih kecil ,iyakan yaa?)
Karna kondisi gue sedikit down akhirnya gue memutuskan untuk merem sambil manggku tas yang ngerepotin ini , sebelum gue merem gue liat ke samping kiri si ibu-ibu itu lagi buka hapenya dan keliatan lagi berusaha keras untuk sign in ke FESBUK gue sontak kaget dan gak jadi merem mindik-mindik ngeliatin apa email sama paswordnya kalo suatu hari nanti gue mau jahat kan bisa gue hack tuh fesbuk kekwkwkwwkkwkwkw (bego lu da) tapi keren gaes emailnya pake nomer hape jadi gue susah ngapalinnya wkwk (dikejadian pas berlansung ini gue ngakak dalem hati udah tuwir masih aja maen fesbuk) mungkin ini bagian dari revolusi kali yak ema-ema juga perlu social media biar tetep APTUDATE kwkwk . Kegiatan si ibu-ibu ini yang gue perhatiin Cuma liat beranda ,ngelike status orang sambil komen-komen gitu .. Terus si ibu-ibu itu kasih liat hapenya ke suaminya ngomong pake bahasa jawa (mungkin gini kali ya: mas-mas liat tuh anak kita update status di fesbuk ngejelek-jelekin kita nanti kita tabokin dirumah) wkwkwk (sori gaess makin dongo aja otak gue) ..

Perjalanan gue intipin si ibu-ibu berakhir pada pemberhentian gue di stasiun Lempuyangan .

Ahhh akhirnya menginjak bumi D.I.Y …
Begitu sampai kita langsung mengabadikan moment ini ..

Kita tiba di Jogja jam 7malam , jalan keluar stasiun dan ketemu sama icon-nya kota Jogjakarta yaitu PLANG JALANAN YANG TULISANNYA “MALIOBORO” ini gue maish bingung dan belum bisa mengungkapkan ada misteri apa di balik plang itu sampe hampir semua orang yang ke Jogja itu wajib foto di bawah plang ini . Termasuk gue juga sih yang antusias banget untuk foto di bawah plang jalanan itu dan pada nganteree gaesss..  Keren yee?

Kita antusias banget loch sama plang ini haiyaahh

Sepanjang jalan Maliobor malam itu ramee banget gaes , weekend soalnya . Pedagangnya dari kanan ke kiri full ngejembrengin baju batik ,daster,tas batik , kaos bertuliskan Jogja yang muacem-macem rupanya .. Kita skip dulu belanjanya karna cape perjalanan jauh kita cari makan duluuu di belakang Malioboro sambil ngegemblok tas gue yang lagi-lagi ngerepotin banget tauu .. Sepanjang jalan kaki kita ngelewatin hotel dan losmen-losmen didaerah Malioboro , boleh juga yaa usahanya . Kalo gue tinggal gak jauh dari Malioboro juga mungkin gue akan sewain rumah gue untuk tempat penginepan , nanti gue gampangf bisa numpang tidur aja dirumah temen gue haha

Kita makan di Soto Pak Min , warung makan Soto dipinggir jalan yang ramenya gak jauh beda kaya pas Trip gue ke Tegal bebereapa bulan yang lalu “Sauto Sedap Malam” bedanya kalo Sauto itu pake tauco kalo si Soto pak Min ini potongan dada ayam yang full di potong jadi 3 sampe 4 bagian dikasih kuah bening campuran nasi dan kawan-kawannya . Tapi berhubung gue gak terlalu suka daging ayam jadi yang gue makan tulangannya aja sama nasi pake kuahnya haha pengganjal banget dah lumayan ..Seporsi harga Soto + Nasi 17rb esteh 2500, sama yaa kaya di sini bedanya soto yang ini made ini Jogja haha..

Kenyang makan kita balik lagi ke Malioboro , belanja-belinji sambil ngegemblok tas gue yang ngerepotin . Wahhh olah raga malem yang bikin kaki gue encok .
Begini suasana Malioboro ..

Euforia-nya Malioboro nih gaess .. Ramenya naujubilleh, tapi gak ngerti bawaannya hepi aja

Nah gaes kalo mampir ke sini jangan lupa beli oleh-oleh bakpia yang udah dijamin rasanyaa..
Gue gak ngerti di sini ada beberapa bakpia dari mulai 95 , 75 , 222 , 65 , blablabla semua angka diborong .. Tapi gak tau yang mana yang paling enak , karna gue bukan penggemar kue kering gitu jadi yaudah beli-beli aja buat nyoba-nyoba dan yang gue cobaik emang enak sih (yaakarna belom pernah nyobain yang lainnnya) . Karna kaki gue udah cape banget takut bautnya pada copot akhirnya kita naik becak haha ini yang ke-2 kalinya diumur gue saat ini naik becak dan gayoran ber-3 istimewah banget untuk gak nyublek.

Kita naik becak dari Malioboro ke toko bakpia 99 yang jaraknya paling deket sama Malioboro , harga bakpia 99 perkotak di bandrol seharga 25rb isi 20.

Selesai belanja-belinjii kita jalan kaki lagi menjutu Tugu Jogja yang jadi icon juga gak sah kalo ke Jogja gak selfie depan Tugu ini haha .. Sepanjang jalan kenangan nih yaa haha maksutnya sepanjang jalan dari Malioboro menuju Tugu Jogja banyak banget komunitas yang nongkrong di angkringan ruko toko gini .. Dari yang geng motor Vespa , Motor tahun 70an , Sepeda Ontel , Sepeda fixie , sampe komunitas pencinta hewan .. Busett jangan sampe aja itu anjing kesangannya lepas malem-malem pas gue lewattt .. Ngeri bangettdahh bisa kejang tiba-tiba haha

Sampai kita setelah jalan cukup jauh (emang jauh woy) selfie dulu dong abis itu upload ke instagram biar kaya orang-orang wwkwk

Wahh yang ada di bayangan gue tuh Tugu Jogja kaya Monas gitu atau alun-alun di Tegal gaktaunya kaya semacem Tugu berdiri gagah di tengah-tengah jalan raya . Dan keliatan banyak banget yang mengabadikan moment kaya gini ..

Kita di sini sampai jam 12malem masih pake baju tadi pagi yang udah bau kereta.. Tapi gue sih yakin di fotomah gak keliatan kucelnya amat haha .Permainan pijet-pijetan dimulai ..

Sambil nunggu di jemput dann sampai akhirnya rombongan kouta pertama selesai di anter ke tempat penginapan giliran kouta ke-2 mobil sekecil itu di tumpangin 18orang kwkw kalo di Jakarta mungkin udah kena tilang kalinih wkwk

Sampai dipenginapan gue makan abisnya laper lagi juga harus minum obat biar sumengnya ilang..

Pagi Jogja , pagi-pagi mandi prepare dan berangkat kita ke Pantai Indiyanti ..
Perjalan menuju pantai ini jauh bangett ,jalanannya juga lika-liku kaya kehidupan gue udah gitu panjang bangett naik terus turun belom lagi si supir mini bus ini gak ada kalem-kalemnya acan ahhh siyaul jadi pengen jackpot -___-
Gue kan lagi sumeng yaa , terus ini ditambah lagi kaya gini sumengnya makin-an…
2Jam perjalan panjang kita selesai pas sampai di Pantainya di suguhin pemandangan yang wawwwwwww amazing banget , pantainya bersih gaess ,bibir pantainya kecil , ombaknya besar , anginnya sepoy-sepoyy dan payuung yang pinggir pantai yang bikin viewnya lebih manis …

Panoramanya iniloh yang bikin puyeng gue seketika ilang

Tapi sayang banget gue gakbisa main , baru selesai puyengnya Cuma bisa ngeliatin dari atas aja .. Harus banyak bersyukur gaes tinggal di Indonesia yang kepulauannya terdiri dari pulau-pulau dan dikelilingi hutan yang luas perairannya lautnya sampe 3.257.483 kilometer persegi bahhh kalo di bayangin seluas mana tuhhh .. Dan kalo di sini bisa snockeling mungkin gue akan duluan yang menyelami laut di sini .. Aduhayy nan indahnya Negeriku …

Selesai di Pantai kita pulang menuju stasiun Lempuyangan ,perjalannan jauh lagi dan gue udah safety untuk minum antimo duluu .. Lika-liku jalan yang tadi masih dilewatin ..

Sampai di sekitar stasiun makan ,dan stay sampe keretanya datang .. Jugijak-gijuk-gijak-gijukk…

Selfie lagi di stasiun terakhir sebelum berangkat ..

Kereta datang kita naik , berhubung jam keberangkatnya sore jadi selama perjalanan gue tidurrr dan makan dan kekamar mandi ..
Berangkat Minggu jam 16:50 sampai di Stasiun Pasar senen Senin jam 01:20 . Tapi boong , delay 1 jam nyampe Jakarta jam 02:30 .. Harga tiket Ekonomi Rp. 55rb .  Wahh gak nyangka udah sampe Jakarta lagi ajaaa .. Tidur dan bangun jam 7 pagi lekas berangkat kerja … Dan malam nanti gue masih ada kuliah sampe jam 9malem kwkk MANTAP BANGET UNTUNG GAK PADA COPOT BADAN GUE ..

Karena rute kita emang serba singkat jadi nyampe Jogja langsung cari oleh-oleh main sekitar Malioboro abis itu baru di jemput ke penginapan besok minggunya paginya packing untuk ke Pantai abis itu pulang ke Jakarta . Senin paginya melakukan aktivitas sepeerti biasa ,kerja lagiii ….Namanya juga liburanannya karyawan , ada tanggal merah langsung pepet “Mau kemana lagi kita?”

PP total Rp.101rb udah bisa sampe Jogja gaess ... wkwkw
Tapi gue saranin pesen tiketnya dari jauh-jauh hari yaa..
Sewa penginapan , sewa mobil anter jemput stasiun senen ke apartemen , sewa minibus ke pantai kurang lebih Rp. 143rb
Oleh-oleh terserah lu pada mau mau bawa berapa gak di targetin , bawa segitu yaa udah pasti abis asal jangan pas pulang2 ke jakarta jadi gembel aja gara-gara duit abis di tempat orang wkkwkw
Gue aja nih yaa beli oleh-oleh buat temen-temen gue ,orang kantor dan keluarga gue .. Nyampe jakarta tertanya barang yang gue beli kelupaan satu pcs ,akhirnya gue yang ke Jogja gak beli itu barang -__- huhftt yaudahlah nanti nyari aja di tahan abang meskipun bukan made in jogja yowis ora-popo sing penting wis pernah ndolan-dolanan meng jogja HAHAHA

Thanks semunya ..
Perjalanan Sabtu ,Minggu Jogja yang begitu ajaaibb…
Sampai ketemu di Trip gue selanjutnyaaa …
*Kecup Manis*

1. Seru banget pasti kakak...aku juga rencana mau backpacker.an k jogja nih..
    Bagi info kmrn nginep ala backpacker yg asik di kantong donk..

2. salam kenal...
    saya menyediakan paket tour dan sewa mobil di kota Yogyakarta,
    ada paket Gua pindul - Pantai Timang - Merapi - Kalibiru - Borobudur dan banyak lagi tempat menarik di kota kami...
    Please feel free to contact us anytime.
    WhatsApp : + 62 899 414 5356
    Call : +62 81 2273 2636
    Email : info.tanahagung@yahoo.com
    Web : www.tanahagungtours.com

Postingan populer dari blog ini

Ngetrip ke Kebumen, ceria dibalik cerita~

Assalamualaikum gaesss.. Balik lagi ketemu gue diperjalanan gue kali ini. Gak pake panjang lebar cekidooot kita nyari tiket buat ngetrip lagi berhubung tanggal merah di penghujung akhir tahun ini cuma dikit jadinya kita ke piknik ke tempatnya yang deket-deket aja hihi. Tanggal cantik di bulan Desember 2016 cuma di tanggal 12 yang merah jatuh pada hari senin. Jalan cantiknya pulang ngantor hari sabtu meluncur ke stasiun senen perjalanan kali ini makan waktu sekitar 8jam-an. *stories before the trip begins* Kali ini kita nge trip nya cuma ber4 tadinya malah gua mau nekat sendirian karena ditempat yang mau gua tuju itu rumah temen gua yakin gua pasti berani, but berhubung mentalnya belom kuat dijalan takut kenapa-kenapa tepar gak ada yang tau alhasil bareng-bareng jae lah biar ramean. Di Kebumen ada temen kecil gua yang tinggal disana namanya Wulan, tadinya dy tinggal di sini (Jakarta) tetanggan sama gua dari kecil tapi pas SMA dy dimutasi sama nyokap bokapnya buat balik ke Jaw

Bandung ceriwis dadakan yeye~ @ Villa Istana Bunga @ Tangkuban Perahu

Ciaraaaaaaa.... Ada yang baru , kali ini udah jadi mahasiswa dan ini pengalaman baru gua tour bareng temen2 tanpa orang dewasa haha . Sekitar tanggal 6 Desember 2013 kita menuju bandung , berkat refresi dari mbah google sekian setelah lama kita berbicang2 tentang "Kebandung yukk kita maen" Nah H-7 tepatnya semiggu sebelum berangkat singkat bgt yaa waktunya pokoknya dalam waktu kurang lebih semiggu itu kita semua gue , ka elis , septy dan ana . bermain fix-fix-an pookokya dengan waktu singkat itu tanggal 6 harus berangkattt . Setalh cari villa lewat internet , caritau arahnya dari tol jkt menju kemana , pokoknya ini acara gokil tanpa persiapan lanjut terusss ... Bla-bla-blaaa persiapan berangkat jumat malam ,ngumpul di depan kampus . Masuk mobil , kita ber 7 langsung cauuuu dadakan menuju bandung , gue , ka elis , septy , ana , ka dona , ka doni dan tulus . Masing2 couplean gue doang yang engga Pasang maps , karna dari kita ber7 gak ada yang tau jalan menuju bandung .. Di

Ngetrip ke Malaysia, asik-asikin aja yakaaan

Assalamualaikum guys, Apa kabar semuanya? Kali ini gue nge-share trip gue ke Malaysia tanggal 29 April 2017 sampai dengan tanggal 02 May 2017, ini pertama kalinya gue pergi jauh sampe ninggalin negara gue ceilah haha. Gue jalan sama temen kantor yang udah berpengalaman ke luar negeri beberpa kali, dan pada trip ini gue jadi anak bebek aja. Kita ke sini rame-rame kaya mau besanan haha ada Gue, Peni, Kakak Sucing, Pipah, Kakak Endah anaknya sama suaminya, ada Andre, Wacit sama Mamang Andi. Kita cari tiket dari jauh-jauh hari dan pada hari Hnya tiba pun ughh im so excited, berangkat dari kantor jam 12 teng kebetulan ini hari sabtu menuju ke terminal 2E ngurus imigrasi, check-in, dan lainnya pesawat kita take off 14:55 kemungkinan sampai di KLIA2 sekitar jam 6sore karena perbedaan waktu Indonesia-Malaysia 1 jam. Bismillah, safe flight haha Begitu sampai di Kuala Lumpur International Airport 2 kita langsung beli kartu perdana seharga 30RM ya kalo di rupiahin sekitar 91Ri