Langsung ke konten utama

Surga di Pulau Nusakambangan

Cilacap, kota yang berada di Kabupaten Jawa tengah yang menyimpan berbagai keindahan alamnya.
Lebaran 2014 ini gue berkesmpatan pulang ke kampung halaman tapi gue lupa halaman berapa haha, gue lahir di kota ini tepatnya di Desa Gandrungmangu Cilacap Jawa Tengah dari gue lahir sampai gue umur 3 atau 4 tahun gitu gue tinggal disini sama nyokap gue sebelum akhirnya gue hijrah ikutin orang tua ke Jakarta sekolah dan besar di kota tercintah haha. Udah jadi rutinitas keluarga gue setiap lebaran mudik ke kampung halaman .
Gue persingkat ah..
Oke gak panjangan gak lebar , oh iya sedikit informasi aja nih gue dari Jakarta naik bus jam 4 sore berhubung ini masih hari kerja jadinya izin pulang lebih awal dan hari ini juga hari terakhir kerja orang-orang udah pada nyantai dirumah lah kita? Ahah gue mudik tahun ini di H-2 wew, gue pulang kampung mau sekalian menjelajah kota Cilacap berhubung tiket kereta kepulangan gue udah ditentuin tanggal baliknya jadi hari pertama nyampe di kampung halaman hari itu juga gue langsung cabut dari rumah haha berangkat dari Jakarta sore nyampe sini pagi-pagi buta eh gak buta deng mataharinya udah naik tuh. Disini ada sepupu gue namanya Apri, kebetulan doi lagi ada dirumah belum masuk kuliah jadi masih bisa nemenin gue jalan-jalan.
Selesai makan (loh puasa broh) ,mandi rapih-rapih kita lets go…(Padahal baru nyampe disini , sodara gue aja belom liat gue dateng tapi udah main kabur aja haha)
Rute kita hari ini ke pantai..
Menyelusuri jalanan setapak kanan sawah kiri rel kereta euh pemandangan yang jarang banget gue liat di Jakarta , sejuk banget ya meskipun gak sesejuk kalo lo ada di Bandung atau Puncak at least itu bisa bikin kangen sama suasananya. Gue masih menyelusuri jalanan ini , gue naik motor berdua dengan sepupu gue, ohiya jarak dari rumah gue di Gandrungmangu ke tempat yang akan gue kunjungin ini kira-kira memakan waktu 2sampai3 jam-an dengan kecepatan 60-80km perjam ,buset bisa lu bayangin sepinya kaya apa gue bisa sampe jalan sengebut itu haha. Tapi emang tau jalur yang akan gue lewatin ini terdiri dari sawah , hutan ,rumah penduduk, sektor pabrik (ya meskipun gak banyak sih cuma Pertamina sama Semen iya semen Holcim kalo gak salah) , dan sisahnya lahan kosong . Sekitar 1 jam-an akhirnya kita memasuki kawasan hutan ,guys jangan lupa ya kalo lo mau lewat sini liat tangki bensin lo jangan sampe keabisan yakali didalem hutan kaga ada yang jual bensin eceran broh haha, siapin makanan kalo perlu buat dijalan haha eh tapi ada ko yang jual makanan warung kecil dipinggir jalan sini yang jual es kelapa dan makanan ringan lainnya , jalanan di dalam hutan ini berdiri sejak beberapa tahun yang lalu , dulunya bablas nih isinya pepohoan semua tapi setelah dibuka jalan raya hutan ini masih berbentuk hutan bedanya ada jalannya doang gitu untuk mempermudah akses. Dibeberapa sudut ada warung yang menyediakan tempat peristirahatan tempatnya nyaman banget dah ada gazebo dan ayun-ayunan gitu belum lagi pemandangan alam yang wiuh pohonya tinggi-tinggi banget ini bukan pohon pihus kaya di Imogiri atau di Bogor ini cuma pohon tua yang namanya gue gak tau pohon apa yang umurnya udah beratus-ratus tahun yang lalu lah, ah sejuk banget ada disini sampe gue lupa kalo perjalanan gue masih jauh banget. Oke kita beranjak keluar dari hutan meyelusuri rumah penduduk dan jalan raya ,sampai akhirnya kita sampai setelah memakan waktu perjalanan lebih dari 2 jam fiuhhh punggung gue sampe pada sakit euy..

Benteng Pendem atau dalam bahasa Belanda: Kustbatterij op de Landtong te Cilacap, ini tempat pertama yang kita kunjungin. Benteng ini berletak di pesisir Teluk Penyu Cilacap didusun Kebonjati Benteng ini dibangun pemerintahan Hindia Belanda pada tahun 1861-1879 ,letaknya strategis nih kalo lu ke Teluk Penyu mampir-mampirlah ke benteng ini biar lu tau markas pertahanannya orang Belanda jaman baheula ntuh kaya gimana. Kenapa namanya Benteng Pendem? Mungkin letaknya yang diujung gitu jadi mendem atau kedalem gitu kali ya ahah gue gak bisa jawab ah , gue dan sepupu gue bergegas masuk setelah membayar tiket masuk 8000rupiah kalo gaksalah petugasnya langsung membukakan pintu gerbangnya. Pas gue masuk masih sepi banget , fikir gue mungkin di orang-orang ada disebelah sana kali yaudah gue keliling-liling aja dah.

Begitu gue masuk ada bangunan tua yang umurnya sekitar berabad-abad kokoh berdiri dengan bentuk bangunan yang gaya Belanda-belanda banget lah, pas gue kepo nanya itu bangunan apa ke sepupu gue dy cuma bisa ngangguk ternyata dy juga baru kali ke-2 itu masuk lagi ke benteng itu, disini gak ada tour guide ataupun petugas yang mau kasih tau sejarah tentang benteng ini mungkin lagi ada tugas hmm padahal gue pengen tau banget masa iya gue harus nyari di Google sih, ohiya bangunan tua ini kayanya horor banget gitu setiap gue nelongkok nengok ada hawa yang senyap, bau asing dan hening ya meskipun gue gak liat ada yang aneh tapi feel gue kalo urusan kaya gini mah cepet ahah gue langsung bergegas ke tempat yang lain , benteng ini juga sering banget didatengin stasiun tv buat uji nyali gitu , yaelah begituan sih di kepoin heran gue mah alamnya udah beda masih aja di caritau. Didalem benteng ini ada banyak ruangan tapi kalo menurut gue sih ini lebih keliatan kaya penjara , ada ruangan perawatan , ruangan amunisi ,ruangan penjara , ruangan apa lagi yaa lupa , ohiya ada satu bangunan yang didalamnya itu ada airnya , dari dulu sampai sekarang airnya itu tetep segitu segitu aja.
Kita muter-muter lagi nyari sesuatu yang bisa dinikmati mata, ah mata gue tertuju pada jembatan itu, bukan sama jembatannya sih ya tapi lebih ke sama kolom ikannya haha.
Hari semakin sore dan kita harus cabut dari tempat ini dikarenakan perjalanan kita yang cukup adohe pol (jauh gitu maksutnya)..

Ohiya yang kaya tadi gue bilang itu tempat wisata letaknya strategis , begitu lu keluar dari Benteng ini didepan udah ngejemberng Teluk Penyu,pantai yang pasirnya gak putih haha (sepenglihatan gue sih) nah disebrang sana ada Pulau Nusakambangan, tapi sayang waktu kita terlalu singkat jadinya kita gak bisa kesana deh , hiks hiks..
 Mampir dipantai Teluk penyunya dulu yaa, sekalian lewat haha

Yukk ah cabut pulang sekalian cari takjil buat buka puasa..
Keliling kota Cilacap ,jangan lupa mampir ke alun-alunya yah kurang greget kalo belom mampir. Nah ini dy guys Masjid yang ada di sebelah alun-alun, bangunannya apik banget , bukan pake tembok nih tapi pake kayu jati yang diukir-ukir gitu wiuh , mari tunaikan solat ashar dulu yaa..

Emang ya semua Alun-alun itu isinya sama kalo di Jakarta ini lebih mirip kaya pasar malem tapi gue seneng soalnya disini banyak tukang jajanan hihi (huss belom buka).
Berhubung ini di kota kita sekalian cuci mata, sepedah motor yang gue naikin melaju ke tempat yang banyak didatengin anak gaulnya kota Cilacap,ceilah begitulah bunyinya.

Ini Mall lebih mirip kaya Ramayana Cengkareng haha udahlah langsung aja gue masuk ke salah satu resto yang antreannya panjang banget tuh, semua orang udah siap-siap dengan takjilnya dan gue masih antre, fiuh Indonesia banget ah..
Selesai kita berbuka langsung cabut gue sampai lupa kalo ini masih di Kota dan perjalan kita masih jauh sekitar 2jaman lah belum lagi kita harus ngelewatin hutan, huhu..
Sepanjang perjalan kita banyak ngobrol panjang lebar untuk ngilangin rasa ngantuk dan sepinya jalanan masih dengan kecepatan yang sama, gue lirik kanan kiri ini hutan gelap banget apa jadinya ya kalo tiba-tiba motor yang gue naikin ini keabisan bensin atau mati tiba-tiba sedangkan jarak hutan ini keluar ada sekitar berkm-km aihhh bisa gila mendadak gue (husss gue langsung ngekeplak-keplakin tangan gue keatas kepala gue lamunannya gue ilangin dari fikiran gue,jauh jauhhh deh fikiran kaya gitu,amit-amit-amit-amit)
Alhamdulilah kita udah keluar dari hutan itu dan kali ini kita menjelajah di setiap kabupaten sekalian kuliner malam ahah ini nih yang paling gue demenin kalo jalan-jalan di tempat orang harus icip-icip makanan khasnya.
Selesai icip-icip gue nyampe juga di rumah, langsung mandi dan tidurrrrr…

~~~

H-1 euyyy, lebarannya besok nih asik-asik tapi gue gak merdeka nih soalnya puasanya gak full huh sedih deh.
Hari ini kita free time dikarenakan Apri lagi bantuin nyokapnya jualan bakso, kalo kalian ke sini mampir ke Gandrungmangu yee ada bakso punya orangtuanya Apri letaknya dideket pasar stasiun lah lurus aja terus samping jalan raya jadi gampang kok nyarinya gue ngerekomen bgt tuh enak bakso sama mie ayamnya.
Bete juga sih seharian dirumah aja ,laptop gak bawa, kaset film juga gak bawa, yaudah paling hari ini cuma duduk ,tidur, makan (eh gak makan dodol kan puasa), iya maksutnya nungguin adzan magrib gitu..

~~~

Hari H-nya datanggggg, pagi-pagi gue dan sekeluarga udah siap-siap mau berangkat ke Masjid ahh antusias banget..
Mudik itu cuma tradisinya orang Indonesia tapi dengan mudik gini gue bisa kumpul-kumpul sama keluarga besar, semua anak-anak dari Mbah gue yang merantau pulang semua, silahturahmi makin erat, moment yang cuma gue rasain ketika lebaran , anggota keluarga baru , keponakan baru, semuanya jadi satu dalam ikatan keluarga.
Ceritanya gue skip ah, lagi sungkeman sama nyokap-bokap gue hehe.

~~~

Setelah keliling kampung dan hampir semua warga disini baik yang gue kenal maupun gak gue kenal udah di salamin kita meluncur ( gue, Nyokap , ade gue , Pakde gue, Bude gue, anaknya , Mbah gue, Lilik gue) ke rumah sodara gue yang jauh-jauh..
Jalurnya masih sama kaya kemaren ,lewatin hutan itu lagi, tapi kali ini agak ruwet jalanannya.

Setelah selesai bersilahturahmi kebetulan kita lagi di kota nih mampir ke kampung orang yukk, niatnya gue mau ke Kebumen ,disitu ada temen gue ,tetangga pas di Jakarta sih tapi sepertinya jaraknya cukup jauh huhf akhirnya kita tujuan kita ke Teluk Penyu lagi ahaha.
Wiuh rame banget ini pantai, padahal 2 hari yang lalu pas gue kesini tukang dagang kaga ada satu acan yang nonggol lah ini etdah.
Yaudah ade gue sama anaknya Bude gue langsung meluncur ke bawa pantai, yang lainnya ngawasin aja sambil makan pecel tanya gue kemana? Ahaha gue gak akan diem kali, gue langsung paksa nyokap gue buat nyebrang ke Pulau itu, awalnya gak mau tapi dari pada ngeliat anaknya sendirian mending ikut deh buat ngejagain ,gitu katanya , tapi kenyatannya gue yang ngejagain nyokap gue,lah orang doi naik kapal beginian aja gemetean mulu haha.
Setelah naik dan bayar 20rb satu orang si mas-mas tukang kapalnya ini ngasih gue nomer hape haha gokil nih orang padahal gue gak minta kenalan (heh pea itu buat lo telepon nanti pas lo balik, mau naek kapal apan lo kalo bukan kapal itu orang haha) oke kita dibawa ke menyelusuri Teluk Penyu yang air lautnya butek banget hadeh..
10 sampai 15 menitan lah ada diatas kapal dan baju gue basah grgr kecipratan air laut, yaudahlah nikmatin aja.

Yeah sampe, gue langusng narik nyokap gue untuk cepet-cepet masuk, bayar tiket masuk (lupa berapa duit) nyokap dengan sigap langusng nyopat sendalnya soalnya kita masuk kedalam hutan , wets ini gak seserem yang kalian bayangin ko , inikan tempat wisata jadi jalanan juga udah rapih (bukan diaspal ya maksutnya) masih tetep hutan sih. Di Pulau ini ada 18 tempat yang wajib di kunjungin, semakin jauh lo jalan masuk kedalam hutan ini semakin indah pemandangan yang bakal lo dapetin , serius. Ohiya Pulau Nusakambangan ini adalah salah satu Benteng peninggalan Portugis , untuk pertahan gitu kali ya, gue juga sih kurang paham tapi kalo gue denger nama Nusakambangan langusung deh otak gue kea rah criminal yang gue tau sih ya ini Pulau didalemnya ada penjara khusus orang-orang yang kena kasus kelas kakap , entah itu teroris atau apapun lah pokoknya yang tingkat kesalahnnya udah maksimal banget , nah letaknya itu yang gue gak tau disebelah mananya , yang jelas sih bukan ditempat wisata ini, mungkin di satu Pulau yang sama tapi kayanya jauh banget didalem hutan sana mau ngebayangin udah serem duluan, bukan serem sama hutannya tapi sama orang-orang yang ada disananya dan sekilas gue baca di salah satu website didalam Pulau ini ada tempat dimana tersangka itu di hukum mati, gue lupa apa nama tempatnya , diwebsite itu juga gak dijelasin kaya gimana-gimana, ah pokoknya serem deh.
Udah jalan sekitar 30 menitan menanjak dan gue belum ketemu apa-apa , bahkan goa yang paling deket pun belum keliatan btw kaki gue udah pada kesemutan nih tapi nyokap gue antusias banget tuh jalan paling depan haha.

Finally, I get it! Ahhh sumpah ini pantai pertama yang gue temuin didalam Pulau ini , aih air lautnya bersih bangetttt bening guyss beda bangets sama di Teluk Penyu ituuuu, yaampun SubanaAllah ini sih ah indahhh banget, kaki gue gak jadi kesemutan. Gue langsung lari ke pantai dan nyokap gue hmm jangan tanya lagi ngapain, doi lagi main dipinggir pantai sambil nyari batu atau kerang-kerang (Yaelah Mah kaya anak kecil aja).

Padahal gue belum puas nikmatin laut ini,lagi juga masih ada 17 tempat lagi yang harus gue datengin mumpung udah ada didalam Pulau ini huh tapi berhubung nyokap gue udah teriak-teriak karena inget ade gue lagi main dipantai dan katanya kedinginan (apa kabar baju gue) yaudah diturutin ajadeh. Sumpah ini pantai baru ketemu satu aja udah bagus bet, gimana yang lainnya, sayang seribu sayang gak bisa terjamah semuanyaa :(

Huft gue udah naik diatas kapal setelah neleponin si mas-masnya yang so sibuk ini minta dijemput bareng rombongan yang lain haha gokil udah kaya pake Gojek aja ditelepon langsung otw haha
Alhamdulilah sampe..
Perut laper, pecel boleh juga nih..
Selesai gue makan dan ade gue bersih-bersih kita pulang kerumah…
Berhubung ini malam kita kulineran lagi hihi tapi anda kurang beruntung ,rumah makan bebek yang mau gue datengin udah tutup bukan tutup sih tapi kayanya emg udah gak jualan lagi.. Jadinya kita makan bakso aja yaa tempatnya Apri haha…
Nyampe rumah langsung tepar dan gnite..

Besok free time sampe siang dan sorenya gue harus udah standby di stasiun Sideraja untuk balik ke Jakarta, haha sial singkat banget ya.

Gue udah didalem kereta nih setelah nunggu beberapa jam sampe keretanya datang dan gue hampir jamuran fiuhhh. Ohiya gue salah satu penumpang yang senang melakukan trip pake jasa angkutan yaitu kereta api dibanding via land atau sea travel, yang gue rasain Indonesai dari era ke era makin maju dalam bidang angkutan umum khususnya kereta api ini, kereta ekonomi di era 2000-sekian masih inget banget tiap mudik harus gencar-gencaran berebut masuk ke gerbong ,karena pada saat itu siapa cepat dia dapat, gak ada istilah nomer kursi blablabla ,tiketnya pun cukup unik berwarna pink kotak uk 2cm kali 1cm yang cuma ditulis kota tujuan ,tulisan semua penumpang dilindungi oleh asuransi jasa rahaja ,harga tiket ,kode kereta (seinget gue sih gitu ya) masih tergolong murah binggit dan itu peluang untuk calo haha (gue pernah kena), pas masuk jangankan berharap ada kursi kosong udah keangkut aja udah syukur, gelar koran di bawah untuk sekedar istirahat penumpang yg gkbagian tempat duduk ada yang nekat keatas atap (wiuhhh nguji nyali doi) dulupun masih rawan banget yang namanya pencopetan . Tukang asongan ,pengamen dan pedagang bebas keluar masuk kereta gak ada yang ngelarang ,dan yang lebih kelabunya lagi setiap pemberhentian itu kita kudu apalin ini dimana dan udah sampe mana (buset pr banget) ,tapi saiki broh kelas ekonomi pun pake ac tentunya harganya gak semurah zaman dahoelo ,makin banyak kereta tambahan dan kereta tujuan ke daerah-daerah, beli tiketnya pun harus serba online ataupun nelepon kai-nya langsung, semuanya udah pake nomer kursi jadi gak perlu takut gak dapet kursi, bebas pengamen ,tukang asongan dan pedagang kaki lima, kalo laper tinggal ke gerbong dapur atau nunggu petugas yang jualan makanan lewat (ini resmi dan katanya yg masak itu emang ahlinya) ,yang paling gue senengin sih disetiap mejanya ada colokan listrik jadi kaga perlu khawatir kalo gadget loe-loe org lowbet haha setiap pemberhentian ke stasiun yang akan datang selalu ada notification dari petugasnya, selang beberapa jam sekali ada petugas kebersihan yang control area ditiap gerbongnya, didalem keretanya pun bersih dan pastinya loe bisa tidur pueles (gue banget itumah). Sekian cerita dari gue, Indonesia harus kaya gini, semua angkutan umum harus diperbaharui biar masyarakatnya nyaman dalam setiap perjalannya ,jadinya kan citra angkutan umum yang dulu-dulunya buruk bisa terhapuskan lambatlaun. #MajuTerusIndonesia 

Yeahhh gue udah sampe Jakarta lagi nih gaess , berasa banget perjalanannya naik kereta api jugigakgijukgijakgijuknya haha udah sempet tidur berkali-kali sampe nih leher gue sengklek pegel-pegel ahhah , libur lebaran kali ini manteb banget dah singkatnya.